PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL SIMULASI SETTING MESIN CNC TURNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN PEMBUBUTAN RATA

Ahmad Widianto, Muhammad Khumaedi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan, keefektifan, dan kepraktisan media audio visual pada kompetensi CNC Turning. Penelitian ini menggunakan media pembelajaran berupa media audio visual yang mampu memberikan gambaran nyata terhadap materi yang disampaikan serta menjadi inovasi dan solusi dalam proses pembelajaran daring dalam masa pandemin Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model 4D yang dimodifikasi tanpa menyebarluaskan (Disseminate). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Mesin SMK IPT Karangpanas Semarang tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah responden 20 siswa untuk kelas XI TP 1 dan 21 siswa untuk kelas XI TP 2. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini  menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran audio visual yang dikembangkan layak untuk digunakan, penggunaan media audio visual yang digunakan lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam kompetensi CNC Turning dibandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran bahan ajar, dan media pembelajaran audio visual praktis dalam penggunaan proses pembelajaran dengan hasil uji kepraktisan sebesar 78,73% dengan interprestasi “Praktis”.


Keywords


Media audio visual, CNC Turning, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Akbar , I., Asri, A. F., & Santosa, M. A. (2016). Pengembangan Media Audio Visual Interaktif Berbasis Komputer Pada Mata Kuliah Sistem AC di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya. Jurnal

Pendidikan Teknik Mesin, 3.

Gani, Indha N. F., & dkk (2017) Penggunaan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Membiakan

Tanaman Dengan Biji Jurusan Agribisnis Pembibitan dan Kultur Jaringan Kelas X Di SMK Negeri Jeneponto. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian 4(1): 356-364.

Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan

Pendidikan, 3.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and

Development). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, Tri, & dkk (2015). Efktivitas Penggunaan Media Audiovisual Pada Pembelajaran Energi Dalam Sistem Kehidupan Pada Siswa SMP. Jurnal IPA Terpadu, 998.

Wibowo, I. (2018). Pengembagan Media E-Project Berbasis Android Sebagai Media Pemilaian Kimia SMA/Pengembangan Media E-Project Berbasis Android Sebagai Media Penilaian Kimia SMA. Skripsi Jurusan Kimia, 37.

Yudha, D. A., & B. S. (2017). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Visual terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Mesin di SMK Piri 1 Yogyakarta. Jurnal pendidikan Vokasional Teknik Mesin, 5.

Amiq, B dan D. Suwito. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Teknologi Mekanik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TPM SMK N 1 Driyorejo. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin 6 (3): 101-107.

Kuntarto, D. T. 2017. Pengembangan Job Sheet Praktik Berbasis Pembelajaran Ilmiah pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Depok. Jurnal Pendidikan Teknik Mekatronika 7 (1): 467-474.

Permatasari, E. A. 2014. Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Sejarah. Indonesian Journal of History Education 3 (1): 11-16. Pratiwi, A,S. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Mengacu Kurikulum 2013 Subtema Jenis-Jenis Pekerjaan Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal INDI 1 (1): 14-34.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ulas, A.H, Sevim, O dan Tan, E. 2012. The Effect of Woksheets Based Upon 5e Learning Cycle Model on Student Success in Teaching of Adjectives as Grammatical Components. Procedia-Social and behavioral science 31. Ataturk University.391-398.

Ulviani, Y., Kasrina dan I. Idrus. 2017. Pengembangan LKS Berdasarkan Identifikasi Tumbuhan Paku Epifit Pada Batang Kelapa Sawit. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi 1 (1): 109-116.

Yahya, M. 2014. Efektivitas Penggunaan Job Sheet Pada Pembelajaran Praktik Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif FT UNM. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 15(1):30-37.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.