PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI PEMBERIAN UKURAN GAMBAR TEKNIK

Dimas Dwi Pratama, Muhammad Khumaedi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan, keefektifan, dan peningkatan hasil belajar pada pembelajaran menggunakan media pembelajaran audio visual pada kompetensi pemberian ukuran gambar teknik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode true experimental dengan desain penelitian pretest-posttest control gorup design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 4 Semarang tahun ajaran 2020/2021 dengan sampel yang terdiri 36 siswa kelas XI TP 1 (kelas kontrol) dan 36 siswa kelas XI TP 2 (kelas ekperimen). Analisis data menyimpulkan bahwa kelayakan media pembelajaran audio visual berdasarkan penilaian ahli dikategorikan sangat layak untuk digunakan dan penggunaannya dalam pembelajaran lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi pemberian ukuran gambar dibandingkan dengan pembelajaran pembelajaran yang biasa digunakan. Besarnya peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran audio visual tergolong dalam kategori sedang yaitu sebesar 0,47 sedangkan dengan pembelajaran yang biasa digunakan sebesar 0,25 yang tergolong dalam kategori rendah.


Keywords


media pembelajaran audio visual, pemberian ukuran, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Cendra, R., N. Gazali, dan M. R. Dermawan. 2019. Efektivitas Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Keterampilan Teknik Dasar Bulu Tangkis. Jurnal Sportif : Jurnal Penelitian Pembelajaran 5(1): 55-69.

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Fauzi, H. A., K. Komalasari, dan Y. Malik. 2017. Utilization of Audio Visual Media to Improve Student Learning Result in IPS Learning. International Journal Pedagogy Of Social Studies 2(1): 88-103

Fujiyanto, A., A. K. Jayandinata dan D. Kurnia. 2016. Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Antar Makluk Hidup. .Jurnal Pena Ilmiah 1(1): 841-850.

Gani, I. N. F., M. Rais, dan Jamaluddin. 2017. Penggunaan Media Audio VisualUntuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Membiakan Tanaman Dengan Biji Jurusan Agribisnis Pembibitan dan Kultur Jaringan Kelas X di SMK Negeri 4 Jeneponto. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian 4(1): 356-364.

Hanifah, N. 2014. Perbandingan Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda Butir Soal dan Reliabilitas Tes Bentuk Pilihan Ganda dan Pilihan Ganda Asosiasi Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Sosio e-Kons 6(1): 41-55.

Hasan, H. 2016. Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Ketuntasan Belajar IPS Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 20 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar 3(4): 22-33.

Khumaedi, M. 2019. Assesment Of Teaching Material In Mechanical Engineering Drawings. VANOS Journal Of Mechanical Engineering Education 4(2): 23-32.

Muttaqien, F. 2017. Penggunaan Media Audio-Viusal Dan Aktivitas Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Vocabulary Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X. Jurnal Wawasan Ilmiah 8(1): 25-41.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Cetakan Kedua Lima. Bandung: Alfabeta.

Sulistyo, I. 2016. Peningkatan Motivasi Belajar Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif TGT Pada Pelajaran PKN .Jurnal Studi Sosial 4(1): 14-19.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.