PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMETER BERBASIS VIDEO PADA MATA KULIAH LISTRIK DAN ELEKTRONIKA DASAR

Dwiki Muda Yulanto(1), Henry Iskandar(2), Ayub Budhi Anggoro(3),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Proses pembelajaran merupakan kegiatan yang di dalamnya terdapat interaksi antara guru, siswa, dan materi ajar. Seorang guru harus bisa menyampaikan materi ajar kepada siswanya. Salah satu langkah agar mudah menyampaikan materi ajar kepada siswa adalah menggunakan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran multimeter berbasis video pada mata kuliah Listrik dan Elektronika Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Teknik analissis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran multimeter berbasis video. Hasil uji validasi ahli materi sebesar 89% yang berarti Sangat Layak. Hasil uji validasi ahli media sebesar 92% yang berarti Sangat Layak. Respon mahasiswa menggunakan media pembelajaran multimeter berbasis video menunjukkan bahwa media pembelajaran multimeter berbasis video layak digunakan dalam perkuliahan Listrik & Elektronika Dasar.

Keywords

media pembelajaran, video pembelajaran, multimeter, listrik dan elektronika dasar

Full Text:

PDF

References

Abdullah, R. 2016. Pembelajaran dalam Perspektif Kreativitas Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), pp. 35-49.

Ali, M. 2007. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Hendriyani, Y., Delianti, V. I., & Mursyida, L. (2018). Analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 11(2), 85-88.

Mahnun, N. 2012. Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). An-Nida’, 37(1), pp. 27–35.

Nurcahyono, Susanto, A. Suyitno. 2022. Penerapan Media Pembelajaran Video Animasi pada Materi Sistem Pendingin untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKRO di SMK Institut Indonesia Kutoarjo. Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 17(1), pp. 62-68.

Richey, R. C., & Klein, J. D. 2007. Design and Development Research. Mahwah: NJ.

Rustaman, N. 2001. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Imperial Bhakti Utama.

Sadiman, A.S. 2012. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Suprapta, B.G.A.G., Adiarta, G.R.A., Santiyadnya, S. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Multimeter Berbasis CD Interaktif pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 8(2), pp. 62-70.

Taufikurachman, I. E., Kusuma, I. H., & Permana, T. 2019. Penggunaan Media Video Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Di Sekolah Menengah Kejuruan. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(1), pp. 57–63.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.