STRATEGI PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI DALAM PENGEMBANGAN SOFT SKILL PESERTA DIDIK SMK

Atep Iman(1), Sanam Sanam(2), Inda Aidatul Azpah(3), Bohari Bohari(4),


(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(3) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(4) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstract

Dalam bidang pendidikan, pengembangan soft skill sangat penting untuk mengasah kemampuan memotivasi diri sendiri, dan mampu memahami apa yang dibutuhkan untuk berhasil, serta mampu mengatasi hambatan-hambatan kecil yang muncul dengan cepat agar dapat bertahan jika muncul masalah. belum teratasi secara memadai. Namun, menyusul adanya wabah Covid-19, banyak akibat yang kurang baik bagi soft skill siswa SMK, oleh karena itu berusaha untuk membangun atau memperkuat soft skill siswa SMK tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam karya ilmiah ini melibatkan metode studi kepustakaan. Jenis model atau teknik yang ideal bagi siswa adalah model pembelajaran kooperatif, yang mampu memperkuat soft skill siswa untuk bekerja sama dalam pembelajaran. Pembelajaran kooperatif sebenarnya menawarkan manfaat yang berbeda, menyiratkan bahwa berbagai keterampilan softskill dapat dikuasai, misalnya, kolaborasi, keterampilan relasional, pengarahan mandiri, disiplin, penggunaan waktu secara produktif, kejujuran, dll.

Keywords

Pembelajaran Kooperatif, Pengembangan Softskil,; Strategi Pembelajaran

Full Text:

PDF

References

Dewantara, K. H. (1954). Masalah Kebudayaan. Pertjetakan Taman Siswa.

Farrell, B. J., & Farrell, H. M. (2008). Student Satisfaction with Cooperative Learning In an Accounting Curriculum. Journal of University Teaching & Learning Practice, 5(2), 39–54.

Fimansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Judika (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 3(1), 34–44. https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/199

Fuad, J. (2009). Strategi Pembelajaran Kooperatif (Studi Eksperimen). Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 20(1). http://www.ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/tribakti/article/view/94

Jaelani, A. (2015). Pembelajaran Kooperatif, Sebagai Salah Satu Model Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyya (Mi). Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v2i1.189

Mediatati, N. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI B Pada Mata Pelajaran PKn di SMK PGRI II Salatiga. Satya Widya, 28(1), 39–54. http://ejournal.uksw.edu/satyawidya/article/download/139/127

Megawati, Nur, Y. D., & Sari, A. R. (2012). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Banjarnegara Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1), 168–180. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/927

Mukhtar, & Iskandar. (2009). Orientas Baru Supervisi Pendidikan. Gaung Persada.

Ndun, A. V. E., Arjana, I. G. B., & Se, R. (2019). Pengaruh Persepsi, Sikap, dan Perilaku Terhadap Soft Skill Peserta Didik SMA Kristen 2 Kupang. Ciencias: Jurnal penelitian dan pengembangan pendidikan, 2(1), 1-14. http://ejournal.upg45ntt.ac.id/ciencias/article/view/28

Pratiwi, S. W., Kuntarto, E., & Zahyuni, V. (2022). Strategi Guru Mengembalikan Semangat Belajar Peserta Didik Selama Masa Pandemi Menggunakan Model Pembelajaran Kooperat-if. Jurnal Basicedu, 6(1), 1350-1359.

Shertian. (2008). Kosep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Rineka Cipta.

Sudiana, I. K. (2012). Upaya pengembangan soft skills melalui implementasi model pembelajaran kooperatif untuk peningkatan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran kimia dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 1(2), 91–101. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/download/4489/3462

Suganda, D. (2022). PENGERTIAN, HUBUNGAN, DAN IMPLEMENTASI SOFT SKILLS, PEMBELAJARAN AFEKTIF, DAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR. Paraguna, 4(1), 32–51. https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/paraguna/article/view/1870

Triyastuti, T. F. (2010). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi/ Akuntansi dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (think pair share) pada kelas XI IPS 5 SMA Negeri 2 Surakarta. skripsi.

Yuniarti, S., & Sari, T. H. N. I. (2021). PEMANFAATAN FITUR BREAKOUT ROOM ZOOM UNTUK MENDUKUNG MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI MASA PANDEMI COVID-19. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matemat-ika, 4(1), 66-73.

Yusri, Y. (2017). Strategi Pembelajaran Andragogi. Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/al-fikra/article/view/3861

Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan (1 ed.). Yayasan Obor Indonesia.

Zein, M. (2016). Peran guru dalam pengembangan pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/3480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.