IMPLEMENTASI KURIKUKULUM 2013 PADA PAKET KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN DI SMK N SE KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/ 2015

Bagus Prasetyo(1), Winarno Dwi Rahardjo(2),


(1) Jurusan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang
(2) Jurusan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana implementasi Kurikulum 2013 untuk komponen perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil belajar pada Paket Keahlian Teknik Pemesinan di SMK N se Kota Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Sasaran penelitian ini adalah seluruh guru Paket Keahlian Teknik Pemesinan, Waka. Kurikulum, dan beberapa siswa Paket Keahlian Teknik Pemesinan di SMK N se Kota Semarang Tahun Ajaran 2014/ 2015 yang menggunakan Kurikulum 2013. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas korelasi produk moment  dan  uji  reliabilitas  alpha  cronbach.  Untuk  analisis  data  menggunakan  deskriptif  persentase.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk komponen perencanaan, semua guru sudah membuat perencanaan dengan sangat baik. Untuk komponen pelaksanaan pembelajaran diketahui bahwa guru sudah melaksanakan pembelajaran dengan baik, dan menerapkan pendekatan saintifik dengan baik. Untuk komponen evaluasi hasil belajar guru sudah melakukannya dengan sangat baik

Keywords

implementasi, kurikulum 2013, teknik pemesinan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.