PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI MEMEPERBAIKI UNIT KOPLING DAN KOMPONEN- KOMPONEN SISTEM PENGOPERASIAN

Agus Santoso(1), Widya Aryadi(2),


(1) Prodi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang
(2) Prodi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together dan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah
kurang dari 100 siswa dari tiga kelas. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode simple random sampling, kemudian sampel yang digunakan sebanyak 32 siswa (eksperimen) sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa (Kontrol). Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan hasil tes, analisa data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisa data yang diperoleh, bahwa rata-rata kelas eksperimen yang semula 51,88 meningkat menjadi 82,08 atau meningkat sebesar 30,2. Sedangkan pada rata-rata kelas kontrol yang semula 48,65 meningkat menjadi 73,44 atau meningkat sebesar 24,79. Peningkatan hasil studi pada kelas eksperimen lebih besar dibanding dengan kelas kontrol membuat model pembelajaran Number Head Together dapat meningkatkan hasil belajar.

 

Keywords

hasil belajar, Number Head Together

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.