Peningkatan Hasil Belajar Siswa IPS Menggunakan Model Inkuiri Sekolah Dasar

Yenni Fitra Surya

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV SD negeri 002 Langgini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan model Inquiri. Jenis penelian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I dengan kategori cukup (67,5%) dan pada siklus II dengan kategori baik (90%). Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I, siswa yang tuntas 45% sedangkan siklus II, semua siswa tuntas (100%). Berdasarkan hasil penelitian bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 002 Langgini.

This research is motivated by the low of IPS study result of fourth graders of state elementary school of 002 Langgini. This study aims to improve the learning outcomes of IPS by using the Inquiri model. This type of research is classroom action research with the percentage of mastery of students' learning outcomes in cycle I with enough category (67,5%) and on cycle II with good category (90%). Student learning outcomes also experienced an increase that is in cycle I, students who complete 45% while cycle II, all students complete (100%). Based on the results of research that the application of inquiry learning model can improve the learning outcomes of IPS students grade IV SDN 002 Langgini


Keywords


Inquiry; learning result; IPS

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. 2005. SBM (Strategi Belajar Mengajar). Bandung: CV. Pustaka Setia.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Dimyati dan Midjiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Eva, Musnelly. 2006. Modul Materi Pembelajaran Strategi Belajar Mengajar (S.M.B) IPS/PKn SD. FKIP. UNRI. Tidak Diterbitkan

Gunawan, D., Utanto, Y., & Maretta, Y. A. 2017. An Analysis on Indonesian Teachers’ Reasoning in Resolving Moral Dilemmas. Man In India, 97(2), 829-841

Kunandar, 2007. Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Pers

Maretta, Y. A., Munib, A. & Sukirman. 2016. Pengembangan Open Journal System Sebagai Sumber Belajar Mahasiswa. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 3(1).

Muhibbin Syah. 1996. Psikologi Pendidikan. Bandung. Remaja rosda karya

Mulyasa, E. 2007. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosda.

Parmin, Sajidan, Ashadi, Sutikno, Maretta, Y. A. 2016. Preparing Prospective Teachers in Integrating Science and Local Wisdom through Practicing Open Inquiry. Journal of Turkish Science Education, 13 (2), 3-14

Rani. 2009. Penggunaan Metode Inquiri Untuk Meningkatkan hasil Belajar Pkn Pada Siswa Kelas V DI SD Negeri 019 Teluk Bano II Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir. Pekanbaru: UNRI

Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berori Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sardiman A.M, 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Utanto, Y., Sukirman, Maretta, Y. A. 2017. Surviving in The Limitations: Education Implementation Patterns in Coast al Communities. Man in India, 97(10), 163-175

Utanto, Y., Widhanarto, G. P., & Maretta, Y. A. 2017. A web-based portfolio model as the students’ final assignment: Dealing with the development of higher education trend. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1818, No. 1, p. 020063). AIP Publishing.

Wahab, Abdul Aziz, 2007. Metode dan Model-Model Mengajar IPS, Bandung: Alfabeta.

Winkel. 2005. Psikologi Pengajaran. Yokyakarta. Media Abadip


Refbacks

  • There are currently no refbacks.