Efektifitas Mobile Learning Sebagai Alternatif Model Pembelajaran

Siti Muyaroah(1),


(1) Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Baturaja Jl. Ratu Penghulu No. 02301.Telp.(0735) 326122.Karang Sari.Oku.Sum-Sel

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas mobile learning sebagai alternatif model pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dapat diartikan sebagai metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi terkendalikan. Penelitian ini menghasilkan efektivitas learning, keefektifan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah keberhasilan tentang suatu usaha dari sistem yang dirancang untuk melibatkan peserta didik secara aktif dan mandiri dalam pembelajaran. Hasil uji-t menyatakan bahwa terdapat keefektifan penggunaan learning terhadap hasil belajar yang di dapat.

This research aims to determine the effectiveness of mobile learning. This research is quantitative research with experimental method. Can be interpreted as the research methods used to find a specific treatment effect against the other in a state of control. This ressearch result in the effectiveness of mobile learning, effectiveness is the success of an establishment of a system designed to engage students actively and independently in learning. T-test result there are effectiveness of using mobile learning on the student learning outcomes.

Keywords

effectiveness; mobile learning; learning outcomes

Full Text:

PDF

References

Gunawan, D., Utanto, Y., & Maretta, Y. A. 2017. An Analysis on Indonesian Teachers’ Reasoning in Resolving Moral Dilemmas. Man In India, 97(2), 829-841

Kustandi, Cecep. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Maretta, Y. A., Munib, A. & Sukirman. 2016. Pengembangan Open Journal System Sebagai Sumber Belajar Mahasiswa. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 3(1).

Miarso, Yusufhadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Panen, Paulina. 2004. Modul Belajar dan Pembelajaran 1. Universitas terbuka. Jakarta, 1.

Parmin, Sajidan, Ashadi, Sutikno, Maretta, Y. A. 2016. Preparing Prospective Teachers in Integrating Science and Local Wisdom through Practicing Open Inquiry. Journal of Turkish Science Education, 13 (2), 3-14

Ruhimat, Toto, dkk.. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran.Jakarta : Rajawali Pers, 124.

Rusman. 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung : Alfabeta.

Rusman. 2013. Model- model pembelajaran. Jakarta ; Rajawali Pers.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung :Alfabeta. 61&117.

Susilana, Rudi. 2007. Media Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima.

Utanto, Y., Sukirman, Maretta, Y. A. 2017. Surviving in The Limitations: Education Implementation Patterns in Coast al Communities. Man in India, 97(10), 163-175

Utanto, Y., Widhanarto, G. P., & Maretta, Y. A. 2017, March. A web-based portfolio model as the students’ final assignment: Dealing with the development of higher education trend. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1818, No. 1, p. 020063). AIP Publishing.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Siti Muyaroah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.