PENGEMBANGAN MODEL DIKLAT MENGGAMBAR BERTEMA KONSERVASI PADA GURU TK DI KOTA SEMARANG

Kamsidjo Budi Utomo

Abstract


Hasil penelitian awal, diketahui babwa program Diklat yang ada, belum ditangani secara professional. Yakni belum menerapkan prinsip-prinsip managemen secara benar, seperti perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Program Dildat yang ada masih bersifat insidental top-down, tidak ada sosialisasi, tidak ada pre-test dan pas-test dan tidak ada monitoring dalam pelaksanaan. Hasil tidak terpantan, Umuk inovasi model diklat menggambar bertema konservasi diperlukan metode penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Jenis penelitian ini untuk mengembangkan dan menghasilkan produk dan menguji keterandalan produk, Bersifat longitudinal, bertahap-tahap, mengaplikasikan merode Deskriptif (penelitian awal, menghimpun data kondisi yang ada di lapangan), Evaluatif (dalam proses uji coba pengembangan produk), eksperimen (oji keampuhan produk yang dihasilkan). Program diklat menggambar yang barn, ada sosialisasi, peserta dilibatkan dalam FGD (Forum Group Discussion). Ada pre-test dan pos-test. Hasil program diklat yang baru dapat diketahui. Nilai pos-test meningkat pesat, dari nilai pre-test, peserta diklat sebanyak 20 orang 100% berhasil meningkat secara signifikan.

Keywords


Training. drawing, new,results, significant.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.