Pengaruh Pembelajaran Model Think Talk Write Materi Ekosistem terhadap Hasil Belajar Siswa

Kusniana Kusniana(1), Nugroho Edi Kartijono(2), Margareta Rahayuningsih(3),


(1) Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(2) Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(3) Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract

Pembelajaran biologi SMA N 1 Magelang masih berpusat pada guru, hal ini sesuai dengan jawaban angket siswa yaitu 100% siswa mengatakan pembelajaran mengunakan metode ceramah. Pembelajaran belum menekankan pada proses  pemecahan masalah, siswa banyak belajar hafalan dan kesulitan dalam membangun sendiri pengetahuan yang diperoleh, sehingga hal ini dimungkinkan berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar. Sekolah memiliki lahan yang sempit sehingga tidak mendukung digunakan sebagai sumber belajar materi Ekosistem. Pembelajaran model TTW materi ekosistem diterapkan pada penelitian ini untuk mengatasi hal tersebut diatas. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pembelajaran model Think Talk Write materi ekosistem terhadap hasil belajar siswa SMA N 1 Magelang. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Magelang, kelas X semester genap tahun 2015/2016, dengan pola Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas X MIA SMA N 1 Magelang  yang terdiri dari 6 kelas. Sampel terdiri dari kelas  X MIA 5 (kelas eksperimen) dan X MIA 1 (kelas kontrol), yang ditentukan secara purposive sampling. Data penelitian meliputi nilai posttest siswa, ketuntasan klasikal, aktivitas belajar siswa, tanggapan siswa, dan guru terhadap pembelajaran model TTW materi Ekosistem yang diterapkan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai posttest siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (uji t). Ketuntasan klasikal siswa kelas eksperimen mencapai 100% (28 siswa). Sebagian besar aktivitas siswa kelas eksperimen dalam kategori tinggi 71% (20 siswa). Siswa dan guru memberikan tanggapan baik terhadap pembelajaran Model TTW yang diterapkan. Disimpulkan bahwa desain pembelajaran model TTW yang diterapkan berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA N 1 Magelang

SMA N 1 Magelang learning process centered on the teacher which is in line with the students' answers to questionnaires that 100% of students said learning method, Learning has not emphasized the problem-solving process, many students rote learning and the difficulties in building their own knowledge acquired, so it is possible to affect the poor learning outcomes. The purpose of this study was to determine the learning outcomes of students in the learning material is applied using a model ecosystem Think Talk Write. This research was conducted in SMA N 1 Magelang, X class the second semester of 2015/2016, the True Experimental Design with patterns Posttest-Only Control Design. The study population all over MIA class X SMA N 1 Magelang which consists of 6 classes. The sample consisted of class X MIA 5 (experimental group) and X MIA 1 (control class), which is determined by purposive sampling. The research data covers grades posttest student, classical completeness, student learning activities students' responses to the TTW models, and teacher responses to the learning material TTW Ecosystem models are applied. Analysis of the data showed that the value posttest experimental class students is higher than the control group (t test), while the classical completeness experimental class students reaching 100% (28 students). Most of the activity of the experimental class students in the high category 71% (20 students). Students and teachers give good feedback to the learning model applied TTW. Overall the data we can conclude that the instructional design models applied TTW positive effect on learning outcomes of students of class X SMA N 1 Magelang.

Keywords

TTW, Hasil belajar, SMA Negeri 1 Magelang

Full Text:

PDF

References

Arnentis. 2010. Upaya peningkatan motivasi dan aktivitas belajar Biologi siswa melalui strategi think talk write (ttw) Siswa kelas x1 sma negeri 1 kampar kiri Tahun ajaran 2009/2010. Jurnal pendidikan biologi FKIP Universitas Riau, Pekanbaru, 2 (1): 150-156

Aris. 2014. Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: ARRUZZ MEDIA

Fatmawati, D.N., Santosa, S. & Ariyanto, J. 2013. Penerapan Strategi Pembelajaran Think Talk Write untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Biologi Siswa Kelas X-1 SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010. Jurnal Bio-Pedagogi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sebelas Maret , 2 (1): 97-105.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Risdiyati, F., Mianti, S. E. & Sagita, L. 2016. Efektivitas Model Pembelajaran Ko-operatif Tipe Think Talk Write (Ttw) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas Viii Mts Negeri Godean. Jurnal Derivat, 3 (1): 49-55.

Yamin, M. & Ansari, BI. 2008. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Pers.

Yanuarta, L., Waluyo, J. & Suratno. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think, Talk, Write (Ttw) Dengan Teknik Talking Stick Dalam Meningkatkan Karakter Dan Hasil Belajar Ipa-Biologi. Jurnal pendidikan FKIP Universitas Jember, 3 (3): 30-35

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Kusniana Kusniana, Nugroho Edi Kartijono, Margareta Rahayuningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.