Pengembangan Chemistry Adventure Sheets Berorientasi Chemo-Entrepreneurship Terintegrasi Pendidikan Karakter

Singgih Ade Triawan, Kasmadi Imam Supardi, Nanik Wijayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan dari pengembangan Chemistry Adventure Sheets (CAS). CAS merupakan salah satu bentuk lembar kerja siswa yang mengaitkan materi dengan peristiwa dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan yang digunakan adalah Chemo-Entrepreneurship(CEP) terintegrasi pendidikan karakter, sehingga dapat membantu pelaksanaan Kurikulum 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R n D dengan model yang dimodifikasi dari 4-D menurut Thiagarajan dan Semmel terdiri dari Define, Design, dan Develop. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) CAS sangat layak digunakan berdasarkan hasil penilaian pakar yang meliputi aspek bahan ajar, aspek desain, aspek materi, aspek bahasa,aspek karakter religius, dan aspek CEP. (2) CAS efektif digunakan dalam pembelajaran Kimia dengan pencapaian ketuntasan klasikal 78,57 % untuk aspek kognitif, ketuntasan klasikal 100 % untuk aspek psikomotorik, rata-rata skor aspek afektif adalah 70,61 dengan kriteria membudaya, rata-rata skor minat berwirausaha 101,07 dengan kriteria tinggi, tanggapan guru dan siswa sangat efektif.

This study aims to determine the feasibility and effectiveness of development Chemistry Adventure Sheets (CAS). CAS is one form of worksheets students who associate the material with events in everyday life. The approach used is Chemo-Entrepreneurship (CEP) integrated character education, so as to assist the implementation of Curriculum 2013. The method used in this research is the R n D with a modified model of the 4-D according to Thiagarajan and Semmel consists of Define, Design, and develop. Based on the results obtained: (1) CAS "very decent" used by the results of expert assessment covering the aspects of teaching materials, design aspects, material aspects, language aspects, aspects of religious character, and aspects of the CEP. (2) CAS "effective" is used in teaching chemistry with classical completeness achievement of 78.57% for cognitive, classical completeness 100% for psychomotor aspect, the average score was 70.61 affective aspect with the criteria of "entrenched", the average scores interest in entrepreneurship 101.07 with the criteria of "high", the responses of teachers and students "very effective".


Keywords


Chemistry Adventure Sheets; Chemo-Entrepreneurship; Curriculum 2013; Character Education.

Full Text:

PDF

References


Benninga, J., Berkowitz, M., Kuehn, P. & Smith, K., 2006. What good schools do. In Character and Academics. 87th ed. Phi Delta Kappan. 448 - 452.

Davidson, M., & Lickona. T. (2007). Smart and good: Integrating performance character and moral character in schools. Journal of Independence School: 2 7.

Kemendikbud, 2014. Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Kusuma, E. & Siadi, K., 2010. Pengembangan Bahan Ajar Kimia Berorientasi Chemo-Entrepreneurship untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan LIfe Skill Mahasiswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1): 544-51.

Lovat, T.J. & Neville, D., 2008. The Pedagogical Imperative of Values Education. Journal of Beliefs and Value, 29(3): 273-85.

Mahdiyah, Umi. 2012. Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Tendensi Sentral Melalui Penerapan Model Pembelajaran TAI Dengan Penggunaan LKS Berbasis CTL Pada Kelas XI SMAN 7 Kediri. Makalah dipresentasikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 05 Mei.

Nucci, L.P. & Navaez, D., 2008. Handbook of Moral and Character Education. New York: Routledge.

Nurmasari, Supartono, & Sedyawati, N.M.R. 2014. Keefektifan Pembelajaran Berorientasi Chemo-Entrepreneurship Pada Pemahaman Konsep dan Kemampuan Life Skill Siswa. Chemistry in Education, 3 (2).

Nuswowati, M., A. Binadja, Soeprodjo, & K.E.N. Ifada. 2010. Pengaruh Validitas dan Reliabilitas Butir Soal Ulangan Akhir Semester Bidang Studi Kimia Terhadap Pencapaian Kompetensi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1): 566-573.

Okeke, CIO. 2014. Teacher as Role Model: The South African Position on the Character of the Teacher. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(20): 1728-1737.

Paristiowati, M., Slamet, R. & Sebastian, R., 2014. Chemo-entrepreneurship: learning approach for improving student's cooperation and communication (Case Study at Secondary School, Jakarta). Procedia-Social and Behavioral Sciences, 1723-30.

Prahastuti, W., Supartono, & Widodo, A.T. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Chemo-Entrepreneurship Materi Reaksi Redoks Untuk Siswa Kelas X SMA. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 2 (1): 143-149.

Puskurbuk, 2011. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendiknas.

Rohmadi, M., 2011. Pembelajaran dengan Pendekatan CEP (Chemo-Entrepreneurship) yang Bervisi SETS (Science, Environment, Technology,and Society) Guna Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Educatio, 6(1): 17-37.

Samsudin, A., 2010. Aspek-Aspek Penilaian (Ranah Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Shobirin, M., Subyantoro, & Rusilowati, Ani. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Bahasa Inggris Bermuatan Nilai Pendidikan Karakter Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Semarang. Journal of Primary Educational, 2 (2): 64-70.

Sumarti, S.S., Separtono & Noviyanti, D., 2014. Learning Tools Development for Chemo-entrepreneurship Based Hydrocarbon and Petroleum in Increasing the Student's Softskills and Interest in Entrepreneurship. International Journal of Recent Advances in Multidisciplinary Research, 01(02): 004-09.

Supartono, Saptorini & Asmorowati, D.S., 2009. Pembelajaran Kimia Menggunakan Kolaborasi Konstruktif dan Inkuiri Berorientasi Chemo-Entrepreneurship. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1): 476-83.

Widyantini, T., 2013. Penyusunan Lembar Kerja Siswa (LKS) Sebagai Bahan Ajar. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaka Kependidikan (PPPPTK) Matematika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.