PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HABITS OF MIND DALAM KEMAMPUAN MENGENDALIKAN IMPULSIVITAS SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN

ida yayu nurul hizqiyah, Yusuf Ibrahim, Yanita Nurfitriyana

Abstract


ABSTRAK

 

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aplikasi pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan pengelolaan impulsif siswa pada konsep pencemaran lingkungan. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Sampel penelitian ini adalah kelas X MIA 3 di SMA Negeri 20 Bandung tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 34 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah desain pra-eksperimen dengan menggunakan desain One-Group Pretest-Postest. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan uji hipotesis dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa n-gain mendapat skor 0,68 dalam penilaian aspek kognitif dengan kategori sedang, dalam penilaian aspek afektif mendapat skor rata-rata 83 dengan kategori baik, 85 skor rata-rata dalam penilaian aspek psikomotor dengan kategori baik, dan penilaian kuesioner siswa mendapatkan rata-rata keseluruhan 78% dengan hampir keseluruhan kategori. Sedangkan hasil uji korelasi aspek kognitif dengan aspek afektif mendapat nilai koefisien korelasi 0,747, aspek afektif dengan aspek psikomotor mendapat nilai koefisien korelasi 0,744, dan aspek psikomotorik dengan aspek kognitif mendapat nilai koefisien korelasi 0,717, dengan signifikansi 0,00. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan perilaku impulsivitas siswa pada konsep pencemaran yang pernah terjadi.

 

ABSTRACT

 

The main objective of this study is to find out the application problem based learning to improve managing impulsivity students on environmental pollution concept. This research is expected to improve students learning outcomes in the cognitive, affective, and psychomotor aspeck on the managing impulsivity. This sample of research is class X MIA 3 in SMA Negeri 20 Bandung academic year 2017/2018 which consist of 34 student. This method of research use is pre-experimental design with using One-Group Pretest-Postest design. The research data is analyzed by using hypothesis test and correlation test. The result show that n-gain got score 0,68 in cognitive aspect assesment with medium category, in affective aspect assesment got average score 83 with good category, 85 average score in psychomotor aspect assesment with good category, and student questionnaire assessment get whole average 78% with almost entirety category. Whereas, the result correlation test cognitive aspect  with affective aspect got correlation coefficient value 0,747, affective aspect with psychomotor aspect got correlation coefficient value 0,744, and psychomotor aspect with cognitive aspect got correlation coefficient value 0,717, with 0,00 significance. From the research result it can be conclude that the application problem based learning model can to improve managing impulsivity student on everonmental pollution concept.

 

 

Keywords:  Problem Based Learning, Habits of Mind, Managing Impulsivity, Environmental Pollution.


Keywords


Problem Based Learning, Habits of Mind, Managing Impulsivity, Environmental Pollution.

Full Text:

PDF

References


Amir, Taufik. (2013). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Edisi ke-3. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Amrullah, Arfan. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Konsep Fungi. Skripsi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Tidak diterbitkan.

Bidari, Imania. (2016). Pengaruh Habits Of Mind Terhadap Kemampuan Generalisasi Matematis Siswa. Skripsi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Tidak diterbitkan.

Costa dan Kallick. (2012). Belajar dan Memimpin dengan ‘Kebiasaan Pikiran’ 16 Karakteristik Penting untuk Sukses. Jakarta: PT Indeks.

Hamalik, Oemar. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Edisi Ke-1. Jakarta: Bumi Aksara.

Idris, Tengku, Siti S dan Adi R. (2014). Pengaruh Asesmen Portofolio Terhadap Habits Of Mind dan Penguasaan Konsep Biologi Siswa Kelas XI. Jurnal Pendidikan Biologi. 6 (1) (2014): halaman 63-67.

Kuno, R., Hartono, D., Mamu., dan Lilies, N. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pemahaman Konsep Biologi dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Tentang Ekosistem dan Lingkungan Di Kelas X Sma Negeri 1 Sigi. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako. 5 (1) (2016): halaman 28-38.

Marita, Rose. (2014). Identifikasi Kemampuan Habits Of Mind Siswa Melalui Praktikum Dan Diskusi Serta Pengaruhnya Terhadap Penguasaan Konsep Sistem Organ. Tesis UPI: Tidak diterbitkan.

Nurdin, Syarifuddin dan Adriantoni. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Edisi Ke-1. Jakarta: Rajawali Pers.

Pujiati, Renny. (2015). Pengaruh Penggunaan Model PBL (Problem Based Learning) Terhadap Pengetahuan Metakognitif Biologi Siswa Kelas X Pada Konsep Virus. Skripsi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Tidak diterbitkan.

Rusman. (2016). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Edisi Ke-2. Jakarta: Rajawali Pers.

Shah Iqbal & Muhammad Khan. (2015). Impact of Multimedia-Aided Teaching on Student’s Academic Achievement and Attitude at Elementary Level. US-China Education Review-David Publishing. 5(5):349-360

Suparman, dan Dwi N.H. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Bioedukasi. 3 (2) (2015): halaman 367-372.

Syah, Muhibbidin. (2013). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Syukria, Arina, Rahmah J dan Marwan. (2013). Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Habits Of Mind Mahasiswa Pada Materi Lintasan Terpendek Menggunakan Algoritma Floyd Warshall. Jurnal Peluang. 1 (2) (2013): halaman 71-80.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.