PENGEMBANGAN MOVABLE BOOK BERBASIS PENDIDIKAN MULTIKULTURAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Ridha Syafutri, Soeharto Soeharto

Abstract


Kemampuan berpikir kreatif menjadi salah satu kemampuan yang digalakkan pada abad 21 dan pendidikan Indonesia ikut andil dengan diterapkannya Kurikulum 2013. Pengembangan berpikir kreatif mengalami kendala di lapangan salah satunya dikarenakan bahan ajar yang kurang mendukung, kurang menarik dan tidak interaktif.  Untuk itu dikembangkanlah sebuah penelitian dengan tujuan untuk menghasilkan movable book berbasis pendidikan multikultural yang valid untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Borg & Gall (1983: 772) dengan sepuluh langkah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV di lima sekolah. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk dinyatakan valid dan layak digunakan berdasarkan validasi ahli dan uji coba pada siswa. Kelayakan pada aspek media memperoleh skor 255 dengan kategori “baikâ€, aspek materi memperoleh skor 95 dengan kategori “baikâ€. Perolehan skor respon guru pada uji coba diperluas sebesar 116 dengan kategori “sangat baikâ€, perolehan skor respon siswa sebesar 37,95 dengan kategori “sangat baikâ€. Produk yang dikembangkan efektif meningkatkan kemampuan berpikir kreatif berdasarkan hasil uji independent sample t-test menunjukkan taraf signifikansi 0,00 yang berarti < 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa movable book berbasis pendidikan multikultural valid dan efektif digunakan sebagai suplemen pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV sekolah dasar.


Keywords


movable book, pendidikan, multikultural, berpikir kreatif

Full Text:

PDF

References


Borg, W. R., & Gall, J. P. (1983). Educational research: An introduction (5th ed.). New York: Longman Inc.

Brown, G. (2006). The metamorphic book: children’s print culture in the eighteenth century. Eighteenth-Century Studies, Spring 2006, vol. 39, no.3, p. 351-362.

Crupi, G. (2016). “Mirabili visioniâ€: from movable books to movable texts. Roma, JLIS.it-11611, Vol. 7, n. 1, p.25-87.

Dales, B. (2007). Pop-up book that make the cut. Book Links, Jul 2007, 16(6), p.29-30.

Desailly, J. (2015). Creativity in the primary classroom (2nd ed.). London: SAGE Publications.

Dyc, S.V & Hewitt, C. (2011). Paper engineering: fold, pull, pop, & turn. Washington DC: Smithsonian Institution.

Fumoto, H., Robson, S., Greenfield, S., & Hargreaves, D. J. (2012). Young children’s creative thinking.London: SAGE Publications.

Hanum, F. (14 Desember 2009). Pendidikan multikultural sebagai sarana membentuk karakter bangsa (dalam perspektif sosiologi pendidikan). Makalah disajikan dalam Seminar Regional DIY-Jateng dan Sekitarnya, di Universitas Negeri Yogyakarta

He, K. (2017). A theory of creative thinking. construction and verification of the dual circulation model. Singapore: Springer.

Hiebert, H. (2014). Playing with pop-ups. the art of dimensional, moving paper designs. New York: Quarry Books.

Jakcson, P. (1996). The pop-up book. London: Anness Publishing

Klein, J. L., Gray, P., Zhbanova, K. S., & Rule, A.C. (2015). Upper elementary students creatively learn scientific features of animal skulls by making movable books. Journal for Learning through the Art, 11(1).

Mahfud, C. (2016). Pendidikan multikultural (8th ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Marcus, L. S. (2013). Pop-up! the magical world of movable books. New York: International Print Center New York.

Munandar, U. (2014). Pengembangan kreativitas anak berbakat (3rd edition). Jakarta: Rineka Cipta.

Naim, N., & Sauqi, A. (2010). Pendidikan multikultural: Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Piirto, J. (2011). Creativity for 21st century skills: how to embed creativity into the curiculum. Netherland: Sense Publishers.

Reid-Walsh, J. (2016). Modding as making: religious flap books created by eighteenth- and nineteenth- century anglo-american girls. New York: Berghahn Books. Retrieved from http://www.jstor.org/stable/j.ctt14jxn16.16.

Suwandi, I., & Masruri, M. (2016). Pengembangan picture book sejarah nasional dengan pendekatan tematik terpadu untuk kelas IV sekolah dasar. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), p.79 - 92.

Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/7747

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century skills: learning for life in our times. San Francisco: Jossey-Bass A Wiley Imprint.

Wilson, A. (2015). Creativity in primary education (3rd ed.). London: SAGE Publications.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.