MENGURAI PROBLEMATIKA PENDIDIKAN NASIONAL BERBASIS TEORI MOTIVASI ABRAHAM MASLOW DAN DAVID MCCLELLAND

Nanang Hasan Susanto, Cindy - Lestari

Abstract


Abstrak

Tulisan ini bertujuan untuk mennawarkan gagasan terhadap salah satu problem pendidikan nasional, berupa rendahnya prestasi belajar siswa, serta fenomena keterjebakan guru pada kurikulum yang bersifat mekanistik, melalui teori motivasi Maslow dan David McClelland. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan melakukan penelusuran pustaka serta literatur yang relevan dengan pokok bahasan. Analisis yang digunakan menggunakan analisis wacana serta analisis budaya berkaitan dengan realitas pendidikan yang terjadi di Indonesia. Melalui tulisan ini, penulis menawarkan sebuah gagasan mengenai perlunya menanamkan motivasi kepada peserta didik, baik melalui pemenuhan kebutuhan dasar sebagaimana teorinya Maslow, maupun dengan meningkatkan motivasi berprestasi (nAch) sebagaimana teorinya McClelland, dalam mengurai problem pendidikan nasional.

Keywords : Motivasi, Teori Hierarki Kebutuhan Maslow, Teori Kebutuhan Berprestasi McClelland, Problem Pendidikan Nasional

 

Abstract        

This paper aims to offer an ideas on one of the problems of national education, in the form of low student achievement, as well as the phenomenon of teacher in a mechanistic curriculum, through motivation theory of Maslow and David McClelland. The approach used is a qualitative approach by conducting library searches and literature’s which are relevant to the subject. The analysis used discourse analysis and cultural analysis related to the reality of education that occurred in Indonesia. Through this paper, the authors offer an idea of the need to instill motivation to learners, either by fulfilling basic needs as Maslow's theory, or by increasing the achievement motivation (nAch) as McClelland's theory, in breaking down national education problems.

Keywords: Motivation, Maslow's Hierarchy of Needs Theory, McClelland's Achievement Needs Theory, National Education Problem

Keywords


Keywords: Motivation, Maslow's Hierarchy of Needs Theory, McClelland's Achievement Needs Theory, National Education Problem

Full Text:

PDF

References


Afzal, Hasan, Imran Ali, Muhammad Aslam Khan, Kashif Hamid. 2010. “A Study of University Students’ Motivation and Its Relationship with Their Academic Performance”.International Journal of Business and Management Vol. 5, No. 4.

Apriansyah, Sidik. 2014. "Hubungan Antara Prestasi Belajar dengan Perencanaan Karir.". PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling. 3.2

Ardhini, Dyah, and Dyah Ardhini. 2012. “Hubungan Motivasi Berprestasi Dan Kepercayaan Diri Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Olahraga SMP Negeri 4 Purbalingga”.Diss. Fakultas Ilmu Keolahragaan.

Djamarah, Syaiful Bahri.2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fadli, Failasafus dan Susanto Nanang Hasan. 2017. "Model Pendidikan Islam Kreatif Walisongo, Melalui Penyelenggaraan Pendidikan Yang Menyenangkan." Jurnal Penelitian 11.1

Gardner, Howard and Thomas Hatch, 1989 "Educational implications of the theory of multiple intelligences." Educational researcher1, Vol. 8. No. 8 1989: hlm. 4-10.

Gunadi, Chintia Leo, and William Gunawan. 2016. "Hubungan Motivasi Akademik dengan Prestasi Belajar Siswa SMA'X'di Jakarta Barat." Noetic Psychology 4.1.

Hadriana, Mohd. Arif Ismail & Mahdum. 2013. “The Relationship between Motivations and Self-Lear¬n¬ing and the English Language Achievement in Se¬con¬dary High School Students”.Jurnal Asian Social Science. Vol. 9. No. 12.

Iswadi, Hazrul. 2016. http://www.ubaya.ac.id/2014/content/articles_detail/230/Overview-of-the-PISA-2015-results-that-have-just-been-Released.html (diakses pada tanggal 31 Januari 2018)

Lee, I-Chao. 2010.“The Effect of Learning Motivation, Total Quality Teaching and Peer-Assisted Learning on Study Achievement: Empirical Analysis from Vocational Universities or Colleges’ students in Taiwan“. The Journal of Human Resource and Adult Learning. Vol. 6, No. 2.

Maslow, Abraham H. 1993. Motivasi dan Kepribadian. Terj. Nurul Imam. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

McClelland, D. 1961. The achieving society. Princeton, NJ: Van Nostrand Company Inc.

Mendari, Anastasia Sri.“Aplikasi Teori Hierarki Kebutuhan Maslow dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa”.Jurnal Ilmiah Widya Warta.No.1.

Mikhriani. 2008. “Manajemen Diri Dan Kajian Psikologi: Perspektif Tiga Motif Sosial David McClelland”. Jurnal MD.Vol I, No. 1.

Musyaddad, Kholid, 2013. Problematika Pendidikan di Indonesia, Edu-Bio, Volume 4, 2013, hlm. 53

Narwoto. 2013. “Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Teori Kejuruan Siswa Smk”. Jurnal Pendidikan Vokasi Jurnal. Vol 3. Nomor 2.

NK, Roestiyah. 1982. Masalah-Masalah Ilmu Keguruan. Jakarta: Bumi Aksara.

Nugroho, Pratista Adi. 2012. “Hubungan antara Motivasi Berprestasi dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran UASBN pada kelas VI SD Negeri 3 Lemahputih Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2011/2012”.Diss. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Prihartanta, Widayat. 2015. “Teori-Teori Motivasi”.Jurnal Adabiya.Vol. 1 No. 83.

Robbins dan Judge. 2007.Perilaku Organisasi. terj. Diana Angelica. Jakarta : Salemba Empat

Robert L. Smith. 2011. "Achievement motivation training: An evidence-based approach to enhancing performance." Ideas and research you can use: VISTAS 2011.

Rosana, Dadan, 2009. "Model Pembelajaran Lima Domain Sains dengan Pendekatan Kontekstual untuk Mengembangkan Pembelajaran Bermakna." Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol. 13 No..2 (2009), hm. 276

Siagian, Roida Eva Flora. 2012. "Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika.". Jurnal Formatif 2.2: 122-131.

Sulistyorini. 2009. Evaluasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Teras.

Susanto, Nanang Hasan. 2017. "Walisongo’s Educational Leadership through Modelling and Fulfilment of Human Basic Needs." Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 6. No. 2, Desember

Thaib, Eva Nauli.2013. “Hubungan Antara Prestasi Belajar dengan Kecerdasan Emosional”.Jurnal Ilmiah Didaktika.Vol. XIII, No. 2.

Trisanta, Afif Badawi. 2017. Implementasi Pendidikan Humanis Di SMA Negeri 6 Yogyakarta. Diss. Fakultas Ilmu Pendidikan.

Vina Rahmawati. 2014. “Teori David McClelland”. http://www.academia.edu/9480878/TEORI_DAVID_McCLELLAND . (diakses pada tanggal 13 Desember 2017).

Wahyudi. 2010. “Memahami Motivasi Berprestasi Siswa”.Jurnal Guru Membangun.Vol. 25. No. 3.

Winardi, J. 2001. Motivasi danPemotivasian dalam Manajemen.Jakarta: Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.