PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SINEKTIK BERBASIS LINGKUNGAN SOSIAL DI SMA ISLAM KOTA BATU

Hidayah Budi Qur'ani(1),


(1) Universitas Muhammadiyah Malang

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pembelajaran menulis kreatif dengan menggunakan model sinektik berbasis lingkungan di SMA Islam Kota Batu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Islam Kota Batu. Lokasi ini dipilih dengan mempertimbangkan alasan yaitu sekolah ini terletak di tengah Kota Batu, sehingga akses untuk ke lokasi-lokasi yang berhubungan dengan lingkungan sosial sangat mudah dan sekolah ini memiliki berbagai macam siswa dengan latar belakang yang berbeda-beda, sehingga ditemukan permasalahan yang bervariasi. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga teknik, yaitu wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti dengan dibantu kamera, pedoman wawancara, dan alat-alat lain yang diperlukan secara insendental. Proses pengumpulan dan penganalisaan data penelitian ini menggunakan langkah-langkah yaitu penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran sinektik berbasis lingkungan sosial untuk penulisan kreatif adalah (1) tahap analisis kebutuhan melalui observasi dan wawancara mengenai kebutuhan siswa ketika menulis kreatif, (2) mempersiapkan perlengkapan pembelajaran untuk mengamati objek, dan memperhitungkan cuaca, (3) pelaksanaan proses pembelajaran yaitu mengamati dan wawancara dengan objek sosial di sekitar lingkungan sekolah, dan (4) tahap refleksi yaitu mendiskusikan informasi yang sudah diperoleh dan menjadikan informasi sebagai bahan untuk menulis kreatif. 

Keywords

Menulis Kreatif, Model Sinektik, Lingkungan Sosial, Sekolah Menengah Atas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Hidayah Budi Qur'ani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.