Observasi Pengawas Sekolah terhadap Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kinerja Guru

Nurhidayah Nurhidayah

Abstract


Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah apakah Model Pembelajaran Problem – Based Learning dapat meningkatkan kemampuan guru yang mengajar di SMA Patra Mandiri 1 Palembang?.Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru mengajar melalui Model Pembelajaran Problem – Based Learning di SMA Patra Mandiri 1 Palembang.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah para guru SMA Patra Mandiri 1 Palembang. Data yang diperoleh dari hasil penggalian data lembar observasi pengamatan terhadap para guru SMA Patra Mandiri 1 Palembang.Dari hasil Data yang diperoleh menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Problem – Based Learning   memiliki dampak positif dalam meningkatkan Kinerja Guru yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa SMA Patra Mandiri 1 Palembang dalam setiap siklus, yaitu siklus I (60.00%), siklus II (85.71%).

 

 

ABSTRACT

The problem to be examined in this study is whether the Problem-Based Learning Model can improve the ability of teachers who teach at Patra Mandiri High School 1 Palembang ?. The purpose of this action research is to improve the ability of teachers to teach through Problem-Based Learning in Patra High School. Mandiri 1 Palembang. This study uses action research as much as two cycles. Each cycle consists of four stages, namely: planning, implementation, evaluation and reflection. The target of this study was the teachers of the 1 Patra Mandiri High School in Palembang. Data obtained from the results of extracting observational sheet data on the teachers of the Patra Mandiri 1 High School in Palembang. From the results, the data obtained indicate that the Problem-Based Learning Learning Model has a positive impact on improving Teacher Performance which is marked by increased learning completeness in Patra Mandiri High School students 1 Palembang in each cycle, namely cycle I (60.00%), cycle II (85.71%).


Keywords


Problem – Based Learning, Observasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.