OPTIMALISASI GRUOP FIELD TOUR SEBAGAI USAHA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MAHASISWA PRODI PBSJ

Agus Yuwono(1),


(1) Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa FBS Universitas Negeri Semarang

Abstract

Salah satu penyebabrendahnya keterampilan berbicara mahasiswa adalah strategi pembelajaran yang kurang akomodatif terhadap kondisi mahasiswa. Untuk itu perlu penelitian yang menggunakan strategi yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jawa yakni strategi Gruop Field Tour. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, observasi, refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan pembelajaran dengan strategi Gruop Field Tour ini nilai rata-rata kelas siklus I meningkat sebesar 63,47 dan siklus II telah mengalami peningkatan sebesar 24,07. Peningkatan nilai rata-rata kelas keterampilan berbicara tersebut merupakan gabungan masing-masing aspek penilaian. Keterampilan berbicara bahasa Jawa mahasiswa mengalami peningkatan setelah dilaksanakannya proses pembelajaran bahasa Jawa dengan menggunakan strategi Gruop Field Tour pada siklus I dan siklus II.

 

One of the causes of students’ low speaking skill was learning strategy which does not sufficiently accommodate the students’ condition. A study which employs astrategy to improve the speaking skill in Javanese through Group Field Tour was required. The study was conducted in two cycles, each of which consisted of planning, observation, and reflection. The study showed that through the Group Field Tour the average score in cycle I improved 63.47 and in cycle II 24.07. The improvement of the average score of speaking was a combination of each assessment criterion. The students’ speaking skill in Javanese improved after the Group Field Tour strategy in cycle I and cycle II was executed

Keywords

speaking skill; strategy; group field tour

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2013 Agus Yuwono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.