PENGGUNAAN MEDIA GUDMEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGETIK MANUAL 10 JARI BUTA PADA MAHASISWA ADMINISTRASI PERKANTORAN FE UNNES

Marimin -, Agung Kuswantoro

Abstract


Mengetik manual merupakan salah satu mata kuliah keahlian berkarya yang bersifat keterampilan. Ini bertujuan untuk mengajarkan mahasiswa bagaimana mengetik secara baik dengan menggunakan sistem 10 jari buta. Selain itu, dengan mengetik yang baik akan meringankan pekerjaan lainnya. Hasil keterampilan mengetik manual mahasiswa saat ini tidak memuaskan. Misalnya, mereka tidak menggunakan jari-jari mereka dengan benar pada keybord sesuai dengan fungsinya. Mata terfokus pada keyboard bukan pada teks naskah yang akan diketik. Akibatnya, membutuhkan waktu lama dalam mengetik. Media Gudmen sebagai alat untuk membantu mahasiswa untuk meningkatkan keterampilan mengetik. Subyek penelitian adalah 20 mahasiswa semester 3, jurusan pendidikan ekonomi administrasi kantor yang sedang mengambil mengetik manual I. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Pada siklus I, ditemukan bahwa 65% mahasiswa mampu menerapkan sistem 10 jari buta. Pada siklus II, keterampilan mengetik dengan 10 jari buta meningkat sebesar 85%. Simpulan dalam penelitian ini adalah media Gudmen dapat membantu meningkatkan keterampilan mengetik 10 jari buta pada mahasiswa. Sedangkan sarannya adalah (1) Pengajar mengetik manual diharapkan menggunakan media Gudmen dalam pembelajaran, (2) Mahasiswa diharapkan sering berlatih menerapkan sistem 10 jari buta.

 

Manual typing is one of vocational skill subjects. It aims to teach the students how to type accurately by using Touch System. Moreover, it also gives the students typing skills so that they can do various typing jobs well. Current students’ typing skill is not satisfactory yet. For example, they do not use their fingers properly on the right keyboard. They focus their eyes on the keyboard not on the text. As a result, they take a long time to type. Gudmen media has been used as a tool for helping students to improve their typing skills. The subjects of the study were twenty 3rd semester students, majoring in office administrations. The students were taking typing subject. This study is Classroom Action Research involving two cycles. In cycle I, it was found that 65% students were able to apply Touch System. In cycle II, their skill improved as much as 85%.  It is concluded that the Gudmen media could help improve the students’ touch system typing skill. Finally, it is suggested that : (1) manual typing lecturers use Gudmen media, (2) the students practice applying touch system more frequently.


Keywords


gudmen media; typing skills

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.