PRAKTIK SIMULASI GLOBAL DALAM KETERAMPILAN BERBICARA UNTUK KEBERHASILAN MAHASISWA PADA TES INTERNASIONAL BAHASA PRANCIS DELF

Mohamad Syaefudin

Abstract


Uji sertifikasi DELF Tingkat B1 adalah persyaratan bagi lulusan departemen Perancis. Uji sertifikasi ini diberikan oleh semua universitas besar di Indonesia. Tingkat B1 penting bagi peserta didik dari Prancis yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai apakah simulasi global dapat berkontribusi terhadap keberhasilan siswa dalam ujian berbicara DELF. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kompetensi berbicara menigkat melalui skenario pembelajaran menggunakan simulasi global. Peningkatan kemampuan berbicara 1,13 poin dibandingkan dengan rata-rata pre-test adalah 14,5 sedangkan post-test 16,36 dari 25 poin maksimal. Berdasarkan hasil penelitian, kami menyimpulkan bahwa simulasi global yang memberikan kontribusi untuk akuisisi kompetensi di uji produksi DELF lisan.

 

The test DELF Level B1 certification is requirement for graduates of the French department. It has been given by all the major universities in Indonesia. This level is important for learners of French to the reason for the frequent use in daily life. The purpose of this research is to assess whether the global simulation could contribute to student success in the DELF’ speaking test. The result of data analysis has shown that the speaking competence improved through the learning scenario using the global simulation. The jurisdiction of the oral production increases by 1.13 points by comparing the mean pre-test is 14.5 while the post-test 16.36 of 25 points maximal. Based on the results of research, we conclude that global simulation contributes to the acquisition of competence in oral production test DELF.


Keywords


global simulation; speaking test; DELF speaking test

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.