Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatan Hasil Belajar IPA dan Keaktifan Siswa pada Submateri Pengukuran

Siti Nursaadah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA dan keaktifan siswa pada submateri pengukuran. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII E SMP 5 Semarang sebanyak 32 siswa. Penelitian dilaksanakan dengan tahapan prasiklus, siklus I, dan siklus II. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi keaktifan, tes pada siklus I dan siklus II, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan membandingkan hasil observasi hasil belajar IPA dan keaktifan siswa pada tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPA pada pre test siklus I (57,19) dan post test siklus I (68,44), pre test siklus II (75,31) dan post test siklus II (82,50). Ada peningkatan keaktifan siswa pada siklus I (71,43%), dan siklus II (76,67 %). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA dan keaktifan siswa pada submateri pengukuran.

The study aims to increase science learning outcomes and student activeness in submateri measurement. The research subjects were 32 students of class VII E SMP 5 Semarang. The research was conducted with pre-cycle cycle, cycle I and cycle II. Data collected by activeness observation, tests conducted in cycle I and cycle II, and documentation Data analysis techniques by comparing the results of activeness observations and learning outcomes in the pre-cycle, cycle I, and cycle II. The results showed that there was an increase in science learning outcomes in pre-test cycle I (50.94) and post test cycle I (68.44), pre test cycle II (73.09) and post test cycle II (82.19). There was an increase in student activiteness in cycle I (57.48%), and cycle II (65.67%).  The implementation of Problem Based Learning model can increace science learning outcomes and student activeness in submateri measurement.

 

Keywords:


Keywords


science learning outcomes; student activeness; Problem Based Learning Model; hasil belajar IPA; keaktifan siswa; Model Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Anugraheni, I. 2018. Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar [A Meta-analysis of Problem-Based Learning Models in Increasing Critical Thinking Skills in Elementary Schools]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 9-18.

Arends, R. I. (2008). Belajar untuk mengajar. (Terjemahan Helly Prajitno Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto). New York: McGraw Hills. (Buku asli diterbitkan tahun 2007).

Glazer, E. (2001). Problem based instruction. In M. Orey (Ed.), Emerging perspective on learning, teaching, and technology. Diambil dari http//www.coe.uga.edu/epltt/ProblemBasedInstruct.htm.

Haryana, Penti. 2018. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Menggunakan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Eksakta, 2(4): 151-155.

Huda, M. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurkhasanah, Natiqoh. 2018. Penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktifitas Siswa Pada Pokok Bahasan Klasifikasi Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti, 2(2): 118-124.

Ramdan, Eka Sri. 2015. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Peserta Didik Kelas VII/I SMP Negeri 1 Sungguminasa. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2): 130-135.

Rodhi. 2018. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Bangun Ruang Sisi Datar melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIII-D Semester 2 SMP 1 Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Profesi Keguruan, 4(2): 92-98.

Sani, Zulaikha Martha. 2016. Pembelajaran Team Game Tournament Berbantuan Media Number Card Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa. Jurnal Scientia Indonesia, 1(1): 56-65.

Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: PT Kencana.




DOI: https://doi.org/10.15294/lik.v48i2.22739

Refbacks

  • There are currently no refbacks.