Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Penguasaan Kosakata dalam Materi Narative Text Menggunakan Model Discovery Learning dengan Teknik Talking Stick

Sri Mulyani(1),


(1) Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Semarang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didikmelalui Model Discovery Learning. Berdasarkan minat dan hasil belajar peserta didik kelas IX F SMP 5 Semarang dalam mata pelajaran Bahasa Inggris sub- memberi dan meminta informasi terkait Teks Naratif dalampenguasaan kosakata ditemukan bahwaminat dan hasil belajar peserta didik masih sangat rendah.  Rata – rata minat belajar sangat kurang dan hasil belajar masih sangat rendah atau masih dibawah KKM. Penelitian ini menggunakan model Discovery Learning.  Prosedur penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Penelitian ini menggunakan dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 32 orang peserta didik kelas IX F SMP 5 Semarang.Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan test.Data dianalisis dengan menggunakan deskriptif persentase.     Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkanminat dan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Bahasa Inggris sub-memberi dan meminta informasi terkait Teks Naratif dalam penguasaan kosakata di SMP 5 Semarang.Minat belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II. Minat belajar pada siklus I adalah 20,31% meningkat menjadi 35,40%, peningkatan minat belajar signifikan dengan nilai KKM yang diharapkan. Sedangkan untuk hasil belajar juga mengalami peningkatan yangsignifikan,dari siklus I ke siklus II . Hasil belajar peserta didik pada siklus I adalah 76,25% meningkat menjadi 83,44%.

 

The purpose of this study is to increase students’ interest and learning outcomes through the Discovery Learning Model. Based on the interests and learning outcomes of students of class IX F of SMP 5 Semarang in English sub-giving and asking for information related to Narrative Texts in vocabulary mastery, it was found that students’ interest and learning outcomes are still very low. The average interest in learning is very lacking and learning outcomes are still very low or still under the KKM (Minimal Completeness Criteria). This research uses  the Discovery Learning model. The procedure of this research includes planning, action, observation, and reflection. This study uses two cycles with four meetings. The research subjects consisted of 32 students of class IX F of SMP 5 Semarang. Research data were collected using observation sheets and tests. Data were analyzed using descriptive percentages. Based on the results of the study it can be concluded that the Discovery Learning Learning Model can increase the interest and learning outcomes of students in English subject sub-giving and asking for information related to Narrative Texts in vocabulary mastery in SMP 5 Semarang. Students learning interest from cycle I to cycle II. Learning interest in the first cycle was 20.31% increased to 35.40%, a significant increase in learning interest with the expected KKM value. As for learning outcomes also experienced a significant increase, from cycle I to cycle II. Students learning outcomes in the first cycle was 76.25% increased to 83.44%.

Keywords

minat belajar; hasil belajar; model discovery learning; interest in learning; learning outcomes; discovery learning model

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Sri Mulyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.