PENGELOLAAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN BERSUMBER DARI PARTISIPASI MASYARAKAT

Muhajirin -(1),


(1) SIT MI Kejuruan Al Hakim Kalisapen Slawi, Slawi, Indonesia

Abstract

Partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan, telah diamanatkan dalam UU RI No 20 Tahun 2003 oleh karena itu diperlukan pengelolaan pembiayaan yang bersumber dari partisipasi masyarakat/orang tua siswa. Fokus penelitian adalah pengelolaan pembiayaan pendidikan dana dari masyarakat, sedangkan rumusan masalah penelitian adalah bagaimanakah proses perencanaan anggaran pendapatan dan belanja sekolah (RAPBS), proses penggalian dana dari masyarakat, proses pembelanjaan pembiayaan pendidikan, proses pengawasan pembiayaan pendidikan, dan  proses pelaporan pembiayaan pendidikan. Tujuan penelitian untuk mengumpulkan informasi guna mendiskripsikan dan menganalisis tentang pengelolaan pembiayaan pendidikan yang bersumber dari partisipasi masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu proses penyusunan RAPBS termasuk katagori partisipatif, proses penggalian dana dari orang tua siswa melalui komunikasi secara intensif dengan orang tua siswa. Sumber pembiayaan yang berasal dari orang tua siswa, Infaq pengembangan sekolah dan wakaf, sumbangan pengembangan pendidikan, uang POMG, uang komputer, uang kegiatan, uang ekstrakurikuler, dan uang ZIS. Simpulannya adalah proses penyusunan rencana anggaran pendapatan dan belanja sekolah (RAPBS)  telah dilakukan secara partisipatif.

 


Public participation in education, has been mandated by Law No. 20 of 2003 is therefore necessary financing management resulting from participation in community / parents. Research focus is the management of funds from public education funding, while the formulation of the research problem is how the process of planning the school budget revenues and expenditures (RAPBS), the process of extracting funds from the public, the education expenditure finance, education finance process monitoring, and reporting processes of education financing. The purpose of research to gather information in order to describe and analyze the management of the education funding comes from community participation. This study uses descriptive qualitative approach. The data was collected using interview techniques, observation and documentation. The results of the research process including the preparation of School Budget category participatory process of extracting funds from the parents of students through intensive communication with parents. Source of funding comes from the student’s parents and school development Infaq endowments, donations of education, PTA money, computer money, money activities, extracurricular money, and money ZIS. Conclusion is the process of planning the budget revenue and expenditure of schools (RAPBS) have been conducted in a participatory manner.

Keywords

Management of education financing; Community participation

Full Text:

PDF

References

Commonwealth of Learning and The Southern African Development Community Ministries of Education. 2000. Financial Management In Schools. Commonwealth of Learning and The Southern African Development Community Ministries of Education.http://peoplelearn.homestead.com/MEdHOME/MANAGEMENT/FINANCIAL_MANAGEMENT_IN_SCHOOLS.pdf. diakses 5 Maret 2012

Dirjen Pendidikan Dasar, Dirjen Pendidikan Islam. 2011. Peningkatan Manajemen Melalui Penguatan Tata Kelola dan Akuntabilitas di Sekolah/Marasah ( Materi Pelatihan Sekolah/Madrasah). Kementrian Pendidikan Nasional dan Kementrian Agama RI. Jakarta

Dirjen PMPTK. 2007. Manajemen Peranserta Masyarakat dalam Pengembangan Pendidikan Sekolah.. Departemen Pendididkan Nasional. Jakarta

Hasibuan, H. Malayu. S.P. 2009. Manajemen, Dasar, Pengertian, dan Masalah (Edisi Revisi). Bumi Aksara. Jakarta

Permana, Johar. 2005. Pengelolaan Keuangan dan Penggunaan Sumber Dana Bahan Disadur Untuk Diklat Manajemen Berbasis Sekolah MTs Angkatan III. Departemen Agama Propinsi Jawa Barat

Prihatin, Eka. 2011. Teori Administrasi Pendidikan. Alfabeta. Bandung

Turmudi, Tedi. 2004. Strategi Pemberdayaan Peranserta masyarakat Dalam Pembiayaan pendidikan di Pesantern. Laporan Tesis Program Pasca Sarjana. Universitan Pendidikan Indonesia Bandung

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2013 Muhajirin -

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.