KECEMASAN DALAM MENGHADAPI UJIAN SKRIPSI DITINJAU DARI SELF EFFICACY PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA SEMARANG

Adhisty Wisudaningtyas(1),


(1) Jl. Karangrejo Raya no. 12 A Banyumanik, Semarang 50236

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara self efficacy dengan kecemasan dalam menghadapi ujian skripsi pada mahasiswa Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata Semarang. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan analisis data secara statistik. Perhitungan validitas dan reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan data empirik tergolong sedang dikarenakan kecemasan tersebut dirasakan dalam waktu yang relatif singkat. Selain itu, berdasarkan pengamatan dan wawancara yang dilakukan pada subjek penelitian jawabannya mereka banyak mendapatkan dukungan dari orangtua dan teman–temannya  serta self efficacy pada mahasiswa Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata Semarang diperoleh data secara empirik tergolong sedang dikarenakan subyek mempunyai cukup kepercayaan dalam diri bahwa ia memliki kemampuan dalam mengambil keputusan untuk membentuk perilaku yang tepat pada situasi khusus agar membuahkan hasil yang nyata sesuai dengan keinginan individu.

 


The Purpose of study to determine whether there is a relationship between self-efficacy in dealing with exam anxiety thesis at the Faculty of Psychology Unika Soegijapranata Semarang. This research method is a method of quantitative analysis of statistical data. Calculation of validity and reliability in this study using SPSS. The results showed the empirical data are classified as being due to the anxiety felt in a relatively short time. In addition, based on observations and interviews conducted in the subjects they answer a lot of support from parents and friends, and self-efficacy in students of the Faculty of Psychology Unika Semarang Soegijapranata obtained empirical data because the subjects were classified as having enough confidence in himself that he must have the ability in the decision to establish appropriate behavior in specific situations in order to produce real results in accordance with the wishes of the individual.

Keywords

Anxiety; Exam Thesis; Self Efficacy

Full Text:

PDF

References

Aswagati, S. 2001. Kecemasan Menghadapi Ujian Skripsi ditinjau dari Harga Diri . Skripsi. Semarang.Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang (tidak diterbitkan).

Azwar, S. 1999. Penyusunan Skala Psikologi.Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Hadi, S. 1997. Metodologi Research : Jilid 2. Yogyakarta: Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada

Hadikusuma, H.1995. Metode Pembuatan Skripsi Ilmu Hukum. Bandung: CV. Mandiri Maju. SPSS Inc.

Priest, R. 1994. Stress dan Depresi. Edisi II.Semarang : Dahara Press.

Richdayanti, R. F. 2003. Asertivitas Seksual pad istri yang tidak bekerja ditinjau dari self efficacy dan religiusitas. Skripsi. Semarang : fakultas Psikologi Universitas Kaltolik Soegijapranata. (tidak diterbitkan).

Suryabrata, S.1984. Metodologi Penelitian. Jakarta : Culturmedia Radjawali

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2013 Adhisty Wisudaningtyas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.