PENERAPAN PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES DALAM SETING PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN MODEL DUGEM UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR FISIOTERAPI OLAHRAGA

Sri Sumartiningsih(1),


(1) Gedung F3 Lantai 3 Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap sikap pasif dan kurangnya respon mahasiswa terhadap pertanyaan dosen. Pemecahan yang ditawarkan adalah dengan  penerapan pembelajaran koperatif tipe Student Team Achievment Divisions? (STAD) dan model Dunia Gembira (DUGEM) untuk meningkatkan kualitas belajar fisioterapi olahraga. Untuk memperoleh hasil yang meyakinkan, penelitian dilakukan selama tiga siklus, didapatkan hasil sebagai berikut; 1) siklus I, nilai rata-rata 60 dengan ketuntasan 46%, 2) siklus II, nilai rata-rata 69.11 ketuntasan 72.5%, 3) siklus III, nilai rata-rata 73.7 ketuntasan 87.5%. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model Dugem dapat meningkatkan hasil belajar,  keaktifan, ketrampilan, kerjasama dan keberanian mengemukakaan pendapat dalam diskusi ataupun selama proses belajar mengajar.

 


The learned outcomes indicated learned passivity and lack of student response to teacher questions, need to find the solution. One of them with the implementation of cooperative learning and model type STAD and DUGEM to improve the quality of learning sports Phisiotherapy. The study was conducted over three cycles, obtained the following results: 1) the first cycle, the average value of 60 with mastery 46%, 2) the second cycle, the average value of 72.5% 69.11 completeness, 3) the third cycle, the average value of 73.7 87.5% completeness. Implementation of cooperative learning and model type STAD and DUGEM can improve learning outcomes, activity, skill, team work and courage opinion in discussion or during the learning process.

Keywords

Metode STAD; DUGEM; Hasil belajar; Keefektifan Mahasiswa

Full Text:

PDF

References

Fakultas Ilmu Keolahragaan. 2000. Silabi Perkuliahn Program Studi Ilmu Keolahragaan. FIK Unnes .Semarang

Gamon D & Allen. 2005. Cara Baru Mengasah Otak dengan Asyik. Bandung: Kaifa

Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo

Khomsini, Ngatini, Rustantiningsih, & Legowo. 2007. Bintek Guru Kelas Pembelajaran Tematik SD. Semarang: Dinas Pendidikan Kota Semarang

Priyono, A. 2000. Pedoman Praktis Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Departemen Pendidikan Nasional Propinsi Jawa Tengah

Priyono, A. 2000. Analisis dan Refleksi: Makalah Pelatihan Penelitian Tindakan kelas. Lemlit Unnes Semarang

Sumartiningsih Sri, dkk. 2007. Meningkatkan Pemahaman Materi Kuliah Anatomi I dengan Menerapkan Model Pembelajaran Dugem. Semarang. Laporan Hibah Pengajaran Lemlit Unnes

Sunarto. 2000. Instrumen Analisis Dan Refleksi. Makalah Disajikan Pada Pelatihan Pengembangan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Tenaga Kependidikan Baik Dosen Maupun Guru Di Jawa Tengah. Semarang: Lembaga Penelitian Unnes

Suprapto. 1999. strategi Penelusuran Proses dan Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA). Semarang: Kadepdikbud Jawa Tengah

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2013 Sri Sumartiningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.