PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NHT DENGAN PENDEKATAN SETS PADA MATERI CAHAYA UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA

H. Kartikasasmi, S. Khanafiyah, Sutikno -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kreativitas dan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran NHT (Number Head Together) dengan menggunakan pendekatan SETS. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 3 Pemalang. Subjek penelitian adalah kelas VIII E tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 38 orang. Data kreativitas siswa didapatkan melalui angket. Data hasil belajar kognitif siswa didapatkan melalui tes evaluasi yang berupa soal pilihan ganda dan uraian. Hasil belajar psikomotorik didapatkan melalui lembar observasi. Perkembangan kreativitas dan hasil belajar siswa dilakukan dengan analisis uji gain. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran NHT dengan pendekatan SETS dapat mengembangkan kreativitas dan hasil belajar siswa.

 


The aim of this research was to find out the development of student creativities after   the NHT learning model  applied using SETS approach. The method used in this research was class action research. This research was done in SMP Negeri 3 Pemalang. The subjects of this research are 38 students of class VIII E in the academic year 2011/2012. Data obtained through the questionnaire students creativity. Students cognitive learning outcomes data obtained through evaluation tests in the form of multiple choice questions and a description. Psychomotor learning results obtained through observation sheet. The development of creativity and learning achievement  done by gain test analysis. Based on these results it can be concluded that the application of  learning NHT with SETS approach model can develop creativity and learning achievement.


Keywords


NHT; SETS; Light; Creativity

Full Text:

PDF

References


Aryani, F. 2008. Kreativitas dalam pembelajaran. Didaktika Jurnal Kependidikan, 3(2): 207-215

Binadja, A. 2002. Pemikiran dalam SETS. Semarang: FMIPA Unnes

Diana, R.R. 2006. Setiap anak cerdas!setiap anak kreatif! menghidupkan keberbakatan dan kreativitas anak. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, 3(2): 123-131

Dwi, A.W. 2009. Pembelajaran biologi yang berbasis imtaq dengan pendekatan integratif (science, environment, society, technology and religion). Prospect, 5(8): 55-62

Frank, M. & A. Barzilai. 2006. Project-based technology: instructional strategy for developing technological literacy. Journal of Technology Education, 18(1): 39-53

Hamdani. 2011. Strategi belajar mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Irianti, M., Zulirfan, & A. Zaini. 2007. Pembelajaran sains fisika melalui pendekatan SETS (science, environment, technology, society) pada siswa kelas VIII MTs Nurul Falah Air Molek. Jurnal Geliga Sains, 1(2): 1-7

Kusumojanto, D.D. & P. Herawati. 2009. Penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat manajemen perkantoran kelas X APK di SMK Ardjuna 01 Malang. Jurnal Penelitian Kependidikan, 19(1): 91-108

Mandal, Rita Rani. 2009. Cooperative learning strategies to enhance writing skill. The Modern Journal of Applied Linguistics, 2(1):94-102

Mariati. 2006. Pengembangan kreativitas siswa melalui pertanyaan divergen pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(63): 759-773

Mulyasa. 2007. Kurikulum tingkat satuan pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Munandar, U. 2009. Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta

Mustafa., Baharuddin & Yusnani. 2011. Penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan keaktifan dan penguasaan konsep matematika. Jurnal PTK DBE3, 3(1): 7-14

Nuswowati, M., A. Binadja, Soeprodjo & K.E.N. Ifada. 2010. Pengaruh validitas dan reliabilitas butir soal ulangan akhir semester bidang studi kimia terhadap pencapaian kompetensi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1): 566-573

Pietersz, F & H. Saragih. 2010. Pengaruh penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap pencapaian matematika siswa di SMP Negeri 1 Cisarua. Prosiding Seminar Nasional Fisika. Bandung: Universitas Advent Indonesia

Rahmi. 2008. Model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam matematika. Jurnal Percikan, 89(86): 85-89

Sunandar. 2008. Pengaruh model pembelajaran NHT terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN di Kecamatan Banyumanik Kota Semarang tahun ajaran 2008/2009. Varia Pendidikan, 20(2): 164-171

Suwiyadi. 2007. Penerapan model Numbered Heads Together untuk meningkatkan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Inovatif, 20(2): 86-89


Refbacks

  • There are currently no refbacks.