Pengembangan Modul Gambar Teknik Elektronika Aplikasi Sprint Layout dalam Mata Pelajaran Kerja Bengkel dan Gambar Teknik bagi Siswa

Arsyl Nova Ariri(1),


(1) Universitas PGRI Adibuana Surabaya

Abstract

Pengembangan modul Ga­mbar Teknik Elektronika dengan model Dick and Carey merupakan panduan agar peserta didik dapat memahami dan mempraktekkan menggambar teknik elektronika menggunakan aplikasi Sprint Layout. Pengembangan modul ini dimaksudkan untuk dapat mendukung upaya pemenuhan sumber belajar bagi peserta didik sehingga akan meningkatkan mutu pembelajaran bagi peserta didik.  Berdasarkan uji coba siswa kelompok besar terhadap semua komponen angket respon, pengembangan modul Gambar Teknik ini mencapai persentase rata-rata 78,33%. Hal ini menunjukkan modul yang dikembangkan ini memiliki tingkat kemenarikan yang tinggi. Dan berdasarkan uji kelayakan isi menurut ahli isi, modul Gambar Teknik Elektronika ini memiliki nilai rata-rata 87,5% sehingga dinyatakan valid dengan sedikit perbaikan. Sedangkan menurut ahli desain, modul Gambar Teknik Elektronika yang dikembangkan ini memiliki nilai rata-rata 95,19% sehingga dinyatakan menarik

Keywords

research education

Full Text:

PDF

References

Abdullah. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Modul Interaktif Konsep Dasar Kerja Motor 4 Langkah. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan. Vol 1,No 1. Http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JTP/issue/view

Akbar, N.T. 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif IPA Berorientasi Guided Inquiry Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V Sdn Kebonsari 3 Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 1 Nomor: 6 Bulan Juni Tahun 2016 Halaman: 1120—1126

Arikunto,Suharsimi.2013.Prosedur Penelitian. Yogyakarta : Rineka Cipta

Arpan, P., Aunurrahman, A., & Fadillah, F. 2019. The Development of Science Learning Module with Problem Solving Method. JETL (Journal Of Education, Teaching and Learning), 3(2), 195. https://doi.org/10.26737/jetl.v3i2.747

BSNP.2014.Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Tahun .2014. https://bsnp-indonesia.org/2014/05/instrumen-penilaian-buku-teks-pelajaran-tahun-2014/. Diakses 4 Maret 2020 pukul 12.23 WIB.

Damarjati, Taufiq. Konsep Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan. . http://psmk.kemdikbud.go.id/konten/1869/konsep-pembelajaran-di-sekolah-menengah-kejuruan. Diakses 5 Maret 2020 Pukul 13.13 WIB.

Daryanto,Drs,MM. 2013. Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta : Gava Media

Depdiknas.2008. Penulisan Modul Direktorat Tenaga Kependidikan. https://kemdikbud.go.id. Diakses pada tanggal 16 Oktober 2019 pukul 16.33.

Sari,D.P dan Surya,Edy. 2017. Development the Module of Mathematics Statistics 1 by using the Model of International Journal of Sciences : Development the Module of Mathematics Statistics 1 by using the Model of Dick and Carey Design. 4531. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR). (February), 237–246.

Hamid, M. A., Aribowo, D., & Desmira, D. 2017. Development of learning modules of basic electronics-based problem solving in Vocational Secondary School. Jurnal Pendidikan Vokasi, 7(2), 149. https://doi.org/10.21831/jpv.v7i2.12986

Imran, Sayiful. 2014. Komponen-Komponen Utama Yang Terdapat Dalam Modul. https://ilmu-pendidikan.net/pembelajaran/bahan-ajar/komponen-utama-dalam-modul Syaiful Imran Leave a comment. Diakses pada 6 Mei 2020

Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Badan Pemeriksa Keuangan BPK. Peraturan Pemerintah (PP) No. 29 Tahun 1990 Pendidikan Menengah. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/60867. Diakses 6 Maret 2020 pukul 15.05 WIB.

Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Badan Pemeriksa Keuangan BPK. Peraturan Pemerintah (PP) No. 56 Tahun 1998. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/55179/pp-no-56-tahun-1998. Diakses 6 Maret 2020 pukul 15.16 WIB.

Larasati, S. 2018. Desain Pengembangan Modul Pemahaman Konsep Berbasis Metode Penemuan Terbimbing. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 185–196. https://doi.org/10.30738/.v6i2.2224

Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat. 2014. UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://referensi.elsam.or.id/2014/11/uu-nomor-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional/. Diakses 6 Maret 2020 pukul 15.05 WIB

Prasetiyo, N. A., & Perwiraningtyas, P. 2017. Pengembangan Buku Ajar Berbasis Lingkungan Hidup pada Mata Kuliah Biologi di Universitas Tribhuwana TunggaDewi. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(1), 19–27

Satriawan, M. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kontekstual dengan Mengintegrasikan Kearifan Lokal untuk. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.6(1).1212-1217.

Setiawan,D.H. 2016. Pengembangan Modul Bahasa Inggris dengan Pendekatan Audio Visual Untuk Siswa Kelas XI di SMK Negeri 3 Kota Probolinggo. Tesis,Program Studi Teknologi Pendidikan,Pasca Sarjana UNIPA.

Sugiyono,Prof,Dr. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R and D. Bandung. Alfabeta.

Sukma, N., & Budiningsih, C. A. 2017. Pengembangan E-Book Kepedulian Sosial Sebagai Media Pendidikan Karakter Di Stkip Widya Yuwana Madiun. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2), 184–198.

Telaumbanua, Y. N., Sinaga, B., Mukhtar, M., & Surya, E. 2017. Development of Mathematics Module Based on Metacognitive Strategy in Improving Students ’ Mathematical Problem ... Development of Mathematics Module Based on Metacognitive Strategy in Improving Students ’ Mathematical Problem Solving Ability at High School. Journal of Education and Practice, 8(19), 73–80.

Tianisa, W. T. 2018) Development of Mathematical Module Based on Guided Discovery to Develop Critical Thinking Ability and Learning Independence. (Iseth), 175–184

Wardani, S., Nurhayati, S., & Safitri, A. 2016. The Effectiveness of the Guided Inquiry Learning Module towards Students’ Character and Concept Understanding. International Journal of Science and Research, 5(6), 1589–1594.

Widiharso,Drs,MT. 2016. Gambar Teknik. Malang :PPPTK BOE.

Yulastri Asmar, Hidayat Hendra, G., & Islami Syaiful, E. F. 2017. Developing an Entrepreneurship Module by Using Product-Based Learning Approach in Vocational Education a Asmar. 12(5), 1097–1109.

Sukma, N., & Budiningsih, C. A. (2017). Pengembangan E-Book Kepedulian Sosial Sebagai Media Pendidikan Karakter Di Stkip Widya Yuwana Madiun. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2), 184–198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Arsyl Nova Ariri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.