Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Kebangkitan Nasional melalui Kombinasi Pembelajaran Saintifik Dengan Model CTL

Suhirman Suhirman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui apakah aktivitas belajar materi kebangkitan nasional siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Gabus tahun pelajaran 2019/2020 dapat ditingkatkan melalui kombinasi pembelajaran saintifik dengan model CTL, dan (2) untuk mengetahui apakah hasil belajar materi kebangkitan nasional siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Gabus tahun pelajaran 2019/2020 dapat ditingkatkan melalui kombinasi pembelajaran saintifik dengan model CTL.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan,  pengamatan dan refleksi. Pada akhir pelaksanaan siklus II, aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari 72 (siklus I) menjadi 81 (siklus II). Sedangkan hasil belajar siswa juga telah mencapai kriteria minimal yang diharapkan yakni kriteria baik dengan rata-rata nilai sebesar 80.

Simpulan dari penelitian ini antara lain: (1) aktivitas belajar materi kebangkitan nasional siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Gabus tahun pelajaran 2019/2020 terbukti dapat ditingkatkan melalui kombinasi pembelajaran saintifik dengan model CTL, dan (2) hasil belajar materi kebangkitan nasional siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Gabus tahun pelajaran 2019/2020 juga terbukti dapat ditingkatkan melalui kombinasi pembelajaran saintifik dengan model CTL.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.