Media Audio Visual Mapel PPKn Materi Hak, Kewajiban, dan Tanggung Jawab sebagai Masyarakat untuk Siswa Kelas V

Deni Setiawan, Moh. Fathurrahman, Sukarjo Sukarjo, Neni Niswatun Hasanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain, mengetahui kelayakan, serta menguji keefektifan media audio visual. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model pengembangan yang dikembangkan oleh Suiyono. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan non tes. Berdasarkan penilaian validator ahli, aspek materi dalam media audio visual dinyatakan sangat layak dengan presentase 96%, sedangkan aspek media dinyatakan sangat layak dengan presentase perolehan sebesar 88%. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa pretest sebesar 0,170638 dan posttest sebesar 0,220033. Berdasarkan data tersebut disimpulkan bahwa uji kelompok kecil nilai pretest dan posttest berdistribusi normal karena nilai <. Berdasarkan hasil penghitungan uji t dengan menggunakan paired sample t-test observasi berpasangan diperoleh thitung sebesar -17.0428 dan ttabel dengan α = 5% sebesar 2,571, menghasilkan Ho ditolak dan µB< 0. Maka hasil tersebut menunjukkan bahwa pada tahap uji coba produk pada kelompok kecil terdapat perbedaan pada hasil pretest dan posttest  pembelajaran PPKn materi hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai masyarakat dengan menggunakan media audio visual. Selanjutnya uji N-gain memperoleh nilai sebesar 0,71 dengan kriteria tinggi. Media audio visual sangat layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran PPKn materi hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai masyarakat siswa kelas V SDN Betokan 3 Demak.

 


Keywords


Audio Visual; PPKn; Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Andri, Kukuh, dan Sutrisno Sahari. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran PKN Kelas V SD Berorientasi Klarifikasi Nilai. Jurnal pendidikan dasar Nusantara.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas.2016. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2016 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Fitriyani, Nina. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Powtoon Tentang Konsep Diri Dalam Bimbingan Kelompok PKN SD. Jurnal Tunas Bangsa. Vol. 6, No.1.

Ghaedsharafi, Maliheh, dkk. 2012. “Effect of Audiovisual, Audio, and Visual Presentations on EFL Learners Writing Skillâ€. International Journal of English Linguistics. Vol.2, No. 2.

Husni, muhammad, dan Yul Alfian Hadi .2018. Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual PPKn Berbasis Teknik Klarifikasi Nilai Pada Siswa SD di Lombok Timur. Jurnal Penelitian Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol.4, No. 2.

Rifai, Achmad, dan Catharina Tri Anni. 2016. Psikologi Pendidikan. Semarang: Rineka Cipta.

Sadiman, Arief S. 2014. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sagala, Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suryani, Nunuk, dkk. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.