PENGARUH MANAJEMEN PENDIDIK DAN PEMBERIAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA GURU

M u l a s t i n -

Abstract


Penelitian ini mengkaji pengaruh manajemen pendidik/tenaga kependidikan terhadap kinerja guru, pengaruh pemberian kompensasi terhadap kinerja guru, dan pengaruh manajemen pendidik/tenaga kependidikan dan pemberian kompensasi secara simultan terhadap kinerja guru. Dalam penelitian ini, digunakan desain penelitian ex-post facto. Data dikumpulkan dengan metode angket dengan sampel adalah 30 orang guru dan dianalisis dengan distribusi frekuensi dan diuji menggunakan korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing manajemen pendidik/tenaga kependidikan dan pemberian kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Secara simultan, manajemen pendidik/tenaga kependidikan dan pemberian kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Dalam kaitan dengan hasil penelitian ini, semua pihak diharapkan meningkatkan mutu manajemen pendidikan dan memperhatikan kompensasi sehingga kinerja guru dapat ditingkatkan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

 

This study deals with the effect of the management of educational personnels and teachers’ compensation on the teachers’ performance. An ex-post facto research design is used in this study. The data were collected from 30 teachers and analysed by using frekuency distribution and tested by using Pearson correlation. The result shows the management of educational personnels and teachers’ compensation had a positive and significant effect on the teachers’ performance, both individually or simultaneously. It is suggested that the quality of management should be improved and the teachers’ compensation should be well-provided so as to improve the quality of education.

 


Keywords


management of teachers/educational personnel; compensation; teachers’ performance.

Full Text:

PDF

References


Manajemen tenaga kependidikan berpengaruh terhadap kinerja guru. Perbaikan managemen perekrutan, monitoring, penghargaan dan sangsi kepada guru meningkatkan prestasi akademik siswa (nilai signifikansi 0,013 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05). Pemberian kompensasi berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Pemberian kompensasi yang tinggi dapat meningkatkan motivasi dan kinerja guru dalam mengajar siswa (nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05). Dalam kaitan dengan hasil penelitian ini, sekolah dan guru diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan profesionalitas lembaga pendidikan. Guru dan tenaga kependidikan harus dapat mengoptimalkan kemampuannya dalam mensiasati pelaksanaan kurikulum. Semua pihak diharapkan meningkatkan mutu pendidikan, baik yang mencakup kualitas guru, siswa dengan sering mengadakan pelatihan dan mencari informasi dalam inovasi pendidikan, sarana prasarana, dan kesejahteraan guru.

DAFTAR PUSTAKA

Barrs, J. 2005. Factors contributed by community organization to the motivation of teachers in rurel Punjab, Pakistan, and implication for the quality of teachers. International Journal of Educational Development. 25 (3): 333-348.

Helen M.G., W.W. Paul, W. Richardson, and K. Wilkins. 2013. Profiles of professional engagement and career development aspirations among USA preservice teachers. International Journal of Educational Research, In Press.

Helen, M. G., W.W. Paul, and W. Richardson. 2008. Motivations, perceptions, and aspirations concerning teaching as career for different begening teachers. Learning and Instruction. 18, (5): 408-428.

Jalal, F. dan D. Supriyadi (ed.). 2001. Reformasi Pendidikan Nasional dalam Konteks Otonomi Daerah. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Martin, S. M. 2010. The determinants of scholl district salary incentives: An empirical analysis of, where and why. Economics of Education Review. 29 (6): 1143-1153.

Mulyasa, E. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: Rosda Karya.

Nawawi, H. 1985. Organisasi Sekolah Dan Pengelolaan Kelas Sebagai Lembaga Pendidika. Jakarta: Gunung Agung.

Sardiman, A. M. 1993. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali.

Sufyarma, M. 2003. Kapita Selekta Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Triyanto. H. 2006. Pengaruh Kompensasi dan Kepuasan Kerja Guru Tehadap Kinerja Guru PAI di SMPN Negeri se-Kabupaten Kendal. Tesis. Tidak diterbitkan, PPS IAIN Walisanga, Semarang.

Usman, U. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.