EVALUASI KINERJA PENILIK PAUDNI PROVINSI JAWA TENGAH DAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (SESUAI TUJUAN POKOK FUNGSI PERMENPAN DAN RB NO. 14/2010)

Tri Suminar(1),


(1) Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan

Abstract

Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan kualifikasi kinerja penilik PAUDNI dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi penilik untuk mengendalikan mutu dan mengevaluasi dampak program PNFI berdasarkan atas kompetensi kepribadian, sosial, supervisi manajerial, supervisi akademik, kompetensi evaluasi pendidikan, kompetensi penelitian dan pengembangan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode survey. Populasinya Penilik PAUDNI se-Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik sampling menggunakan random, ditetapkan 20 kota/kabupaten di wilayah Provinsi Jawa Tengah dan DIY secara acak, setiap kabupaten/kota ditetapkan 6 orang penilik PAUDNI. Jumlah keseluruhan sampel responden adalah 120 orang penilik PAUDNI. Variabel penelitian ini adalah kinerja Penilik PAUDNI berdasarkan 6 kompetensi penilik PAUDNI. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan pengisian kuesioner berskala likert. Analisis data menggunakan deskriptif persentase atas frekuensi jenjang kinerja Penilik.

Hasil penelitian disimpulkan kualifikasi kinerja penilik PAUDNI yang menuntut kompetensi kepribadian termasuk kategori sangat baik. Kinerja yang menuntut kompetensi sosial, kompetensi supervisi manajerial, kompetensi supervisi akademik, kompetensi evaluasi pendidikan termasuk pada kategori baik. Sedangkan kinerja pada kompetensi penelitian dan pengembangan termasuk kategori tidak baik. Keenam aspek kompetensi penilik PAUDNI dianalisis dari unsur jabatan dan pangkat tidak menunjukkan adanya korelasi yang signifikan pada taraf kepercayaan 95%. Jabatan penilik PAUDNI bukan kematangan profesi dari jabatan yang bidangnya sama. Kendala kinerja adalah pendidikan tidak relevan dengan tugas, rendahnya kemampuan IT, kondisi geografis dan rendahnya kesejahteraan. Pendukung kinerja adalah tingginya kompetensi kepribadian dan sosial untuk menjalin mitrakerja, adanya alat komunikasi dan transportasi dinas.

Keywords

Evaluasi kinerja, kinerja penilik PAUDNI

Full Text:

PDF

References

Ary Donald, Luchy, C.J. & Asghar Razavieh. 2005. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. (terjemahan H. Arief Furchan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Darsinah. 2012. Pengembangan Model Instrumen Penilaian Kinerja Guru TK di Kota Surakarta. Disertasi. Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Fetterman, M, David. 2001, “Empowerment Evaluation: The pursuit of quality”, in Alexis P. Benson, D. Michelle Hinn, Claire Lloyd (ed.) Vision of Quality: How Evaluators Define, Understand and Represent Program Quality (Advances in Program Evaluation, Volume 7) Emerald Group Publishing Limited, ISBN: 978-0-76230-771-5 pp.73 – 106.

Ilyas. Yasnimar. 2002. Kinerja. Jakarta: Badan Penerbit FKM UI.

Irham Fahmi. 2010. Manajemen Kinerja Teori dan Aplikasi.Bandung: Alfa Beta.

Joseph Wallace, James Hunt, Christopher Richards, (1999) "The relationship between organisational culture, organisational climate and managerial values", International Journal of Public Sector Management, Vol. 12 Iss: 7, pp.548 – 564

Lancaster Geoff. 2005. Research Methods in Management a Concise Iintroduction to Research in Management and Business Consultancy. Amsterdam: Elsevier Butterworth-Heinemann

Nawawi Hadari. 1996. Manajemen Sumber daya Manusia untuk Bisnis dan Kompetitif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nasdianto. (2012). Ikatan Penilik Indonesia Pusat Gelar Diklat Pengendalian Mutu bagi Penilik. Diunduh pada 28 November 2012. Alamat di http: //ipijabar.blogspot.com/2012/11/ikatan-penilik-indonesia-ipi-pusat.html

Permenpan dan RB nomor 14 tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Penilik dan Angka Kreditnya.

Rivai Veithzal & Ella Jauvani Sagala. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktek. (2 ed.). Jakarta: PT Raja Grafindo PersadaYaslis Ilyas. (2002). Kinerja Teori, Penilaian dan Penelitian. Depok: Pusat Kajian Ekonomi Kesehatan FKMUI

Rohman, Arif. 2008. Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laksbang mediatama Yogyakarta.

Renstra Pendidikan Nasional 2010-2014.

Smither. W.James & London Manuel. (Ed). 2009. Performance Management. San Francisco: Jossey Bass.

Slamet, Achmad. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Semarang. Universitas Negeri Semarang Press.

Sudjana. 2008. Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wirawan. 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Jakarta. Salemba Empat.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2014 Tri Suminar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.