Pengembangan Kurikulum Gelar Ganda Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Bambang Hartono

Abstract


Penelitian ini diharapkan dapat mencapai tujuan-tujuan terdeskripsikannya 1) standar kompetensi lulusan (SKL), 2) struktur kurikulum, 3) muatan kurikulum, 4) model silabus dan RPP, 5) model pembelajaran, dan 6) model penilaian pada program gelar ganda prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Metode yang digunakan adalah deskriptif. Hasil yang dicapai 1) standar kompetensi lulusan untuk satuan pendidikan Program Gelar Ganda Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia digunakan sebagai pedoman penilaian dalam menentukan kelulusan peserta didik; 2) struktur kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama 1 tahun; 3) pengembangan muatan kurikulum, yang dapat dilakukan adalah pengembangan standar isi, yaitu aspek standar kompetensi dan kompetensi dasar berdasarkan visi prodi; 4) silabus sebagai acuan pengembangan RPP, RPP dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD; 5) model pelaksanaan pembelajaran Program Gelar Ganda Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mengikuti persyaratan pelaksanaan proses pembelajaran; dan 6) penilaian yang dilakukan oleh dosen terhadap hasil pembelajaran untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik, serta digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar, dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian dilakukan secara konsisten, sistematik, dan terprogram dengan menggunakan tes dan nontes dalam bentuk tertulis atau lisan, pengamatan kinerja, pengukuran sikap, penilaian hasil karya berupa tugas, proyek dan/atau produk, portofolio, dan penilaian diri. Penilaian hasil pembelajaran menggunakan Standar Penilaian Pendidikan dan Panduan Penilaian Kelompok Mata kuliah. Penilaian diharapkan menyangkut penguasaan kompetensi dan produk yang menggambarkan karakteristik setiap mata kuliah.


Full Text:

PDF

References


Bush, Tony. 2003. Theories of Educational Leadership and Management. Third edition. London : Sage publication

Certo, S.C. 1997. Supervison, Quality, Diversity, and Technology. Edisi kedua. Chicago : a times Mirror Higher Education Group Inc. Company.

Depdikbud. 2000. Panduan Manajemen Sekolah. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Hamalik, Oemar. 2000. Model-model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Program Pascasajrana Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Hartono, Bambang. 2004. Implementasi Kurikulum 2004 untuk MI dan MTs. Semarang: Mapenda Kantor Departemen Agama Propinsi Jawa Tengah.

Hartono, Bambang. 2005. Model Pengembangan Pengintegrasian Budi Pekerti ke dalam Mata Pelajaran bahasa Indonesia Sekolah Dasar di Kota Semarang. Laporan Penelitian Dosen Muda, Lemlit Unnes Semarang.

Hartono, Bambang. 2007. Pengembangan KTSP: Bahan Pelatihan Penyusunan KTSP MI, MTs, dan MA. Semarang: Mapenda Kantor Departemen Agama Propinsi Jawa Tengah.

Hartono, Bambang. 2007. Implementasi KTSP di Sekolah Dasar Berdasarkan Standar Isi 2006. Makalah pada Workshop KTSP SD Kabupaten Pekalongan tanggal 3 Mei 2007 di SMP Muhammadiyah Wonopringgo Kabupaten Pekalongan.

Hartono, Bambang. 2007. Pengembangan Silabus Berdasarkan Standar Isi 2006: Bahan Pelatihan untuk Kepala MI dan Guru dan MTs. Semarang: Mapenda Kanwil Depag Propinsi Jawa Tengah.

Hartono, Bambang. 2009a. Telaah Rumusan Visi, Misi, Tujuan, Sasaran , dan Program dalam KTSP Madrasah. Makalah Disampaikan pada Worshop Telaah KTSP Madrasah Kanwil Depag Jateng pada 5 dan 6 Agustus 2009 di Bandungan.

Hartono, Bambang. 2009b. Pemilihan Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah yang Mendukung Penciptaan Kedamaian Hidup Masyarakat Multikultural. Makalah disampaikan pada Seminar Internasional dan Temu Ilmiah Dosen Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia se-Jateng DIY di UPS Tegal 9-11 November 2009.

Hartono, Bambang. 2009c. Analisis Hasil Penelitian Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang Tahun 2009 tentang Pelaksanaan KTSP pada Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kalimantan Selatan, Jawa Timur, dan DI Yogyakarta tahun 2009. Makalah Disampaikan pada Desiminasi Hasil Penelitian Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang Tahun 2009 pada tanggal 9 Desember 2009 di Hotel Nugroho Bandungan.

Hartono, Bambang.2010. Pengembangan Muatan Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia Kurikulum 2006 Berbasis Multikultural. Makalah Seminar Internasional Pengembnagan Pendidikan Bahasa Berbasis Multikultural. Pascasarjana Pendidikan Bahasa Unnes 2010.

Susanto. 2007. Pengembangan KTSP dengan Perspektif Manajemen Visi. Surabaya: Matapena.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.