Pengembangan Karakter Konservasi untuk Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru Sarjana Mengajar di Daerah Terluar, Terdepan, dan Tertinggal (PPG-SM3T)

Saiful Ridlo(1),


(1) Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229

Abstract

Jurusan Biologi Universitas Negeri Semarang (Unnes) telah dipercaya sebagai salah satu penyelenggara PPG-SM3T angkatan pertama tahun 2013. Universitas berketetapan untuk menyelenggarakan perkuliahan menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi dan Konservasi (KBKK). Terdapat 11 nilai karakter konservasi yang ingin dikembangkan Unnes sebagai penciri profil lulusannya. Nilai prakondisi karakter yang telah dimiliki universitas konservasi ini adalah takwa, bersih, rapih, nyaman, dan santun. Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan pengembangan nilai karakter konservasi bagi mahasiswa PPG-SM3T melalui pembelajaran berbasis strategi Jelajah Alam Sekitar (JAS). Data diambil melalui observasi saat pembelajaran pada semester 1 dan angket, kemudian dipaparkan untuk dinarasikan melalui pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui inisiatif mahasiswa telah berkembang nilai nasionalis tetapi hanya 36% yang menyatakan ingin kembali ke daerah 3T, itupun dengan syarat setelah 3-5 tahun dapat kembali ke Jawa. Program studi telah mendidik melalui pembiasaan dalam pembelajaran SSP sehingga berkembang sikap demokratis, peduli, dan santun.

 

Department of Biology, University of Semarang (Unnes) has been appointed as one of the organizers of the PPG-SM3T University in 2013. The first generation was determined to hold lectures using competency based curriculum and Conservation (KBKK). There are 11 conservation value of a character who wants to be developed as an identifier Unnes graduates profile. Value preconditions character who has owned this conservation university is piety, clean, neat, comfortable, and well mannered. This study aimed to describe the development of the character of the conservation value for students PPG-based learning strategies SM3T through Natural Roaming Around (JAS). Data retrieved through observation while learning in the 1st half and the questionnaire, and then exposed to narrated through a qualitative approach. The results showed that through the initiative of students has grown nationalist value but only 36% who said they wanted to return to the area 3T, and even then the condition after 3-5 years can go back to Java. The study program has been educating through habituation in learning so that the developing CNS democratic attitude, caring, and polite.

Keywords

Conservation character, PPG SM3T

Full Text:

PDF

References

Chatterji, M. 2004. Evidence on”What Works”: An argument for extended-term mixed-method (ETMM) evaluation designs. [Versi Elektronik]. Educational Researcher, Vol. 33, No. 9, pp. 3–13

Dalton, E. 2003. Evaluation of a community chinese language school using the CIPP model. [Versi elektronik]. Chinese School Evaluation 1. Boston University.

Gerungan. 2000. Psikologi sosial: Suatu ringkasan. Bandung: Eresco

Handoyo & Tijan. 2011. Model Pendidikan Karakter Berbasis Konservasi Pengalaman Universitas Negeri Semarang. [Versi elektronik]. Jakarta: Direktorat Ketenagaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Nasional.

Henemen III, H.G. & Milanowsky, A. 2003. Continuing Assessment of Teachers Reaction to a Standard-Based Teacher Evaluation System. [Versi elektronik]. Journal of Personnel Evaluation in Education. 17-2: 173-195

Lofton, G.G., Hill, F. & Claudet, J.G. 1997. Can State-Mandated Teacher Evaluation Ful®ll the Promise of School Improvement? Events in the Life of One School. [Versi elektronik]. Journal of Personnel Evaluation in Education. 11:139±165, 1997

Mulyasa E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Ozogul, G., Olina, Z. & Sullivan, H. 2008. Teacher, self and peer evaluation of lesson plans

written by preservice teachers. [Versi Elektronik]. Education Tech Research Dev. 56:181–201

Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum

Phelps, A.J. & Cherin Lee. 2003. The power of practice : what students learn from how we teach. [Versi Elektronik]. Journal of Chemical Education, 80 (7), 829 – 832.

Ridlo, S & Supriyanto, 2011. Pengembangan Instrumen Evaluasi Implementasi Kurikulum Pembelajaran Berbahasa Inggris I-MHERE di Prodi Pendidikan Biologi FMIPA Unnes: Tinjauan Indikator Dosen. Jurnal Penelitian Pendidikan. 28 (2): 169-179

Ridlo, S. & Irsadi, A. 2012. Pengembangan Nilai Karakter Konservasi Berbasis Pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan. 29 (2): 145-154.

Ridlo, S., Irsadi, A. & Marianti, A. 2013. Evaluasi Formatif Kurikulum Program PPG SM3T di Jurusan Biologi FMIPA UNNES. Laporan Penelitian. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang

Ridlo, S.& Alimah, S. 2013. Strategi pembelajaran biologi berbasis kompetensi dan konservasi. Biosaintifika Journal of Biology & Biology Education. 5 (2) (2013)

Stronge, J.H. 1995. Teacher evaluation and school improvement: Improving the educational lanscape. [Versi Elektronik]. Diambil pada 12 Agustus 2010 dari http://www.corwin.com/upm-data/7808_Stronge01.pdf

Stufflebeam, D.L. March 17, 2007. CIPP evaluation model checklist: A tool for applying the fifth installment of the CIPP model to assess long-term enterprises. 2nd ed. [Versi Elektronik]. Evaluation Checklists Project. Diambil pada tanggal 12 Agustus 2010 dari http://www.wmich.edu/evalctr/checklis

Supriyanto & Ridlo, S .2012. Evaluasi Implementasi Kurikulum Pembelajaran Berbahasa Inggris di Jurusan Biologi FMIPA Unnes: Tinjauan Indikator Dosen. Proceeding Seminar Nasional MIPA Unnes 2012. Halaman 395-404

Sweeney, T and Cromley, J. 2002. Adult Learners: Teaching Strategies ti Improve Learning and Comprehension. [Versi elektronik]. RMC Research Corporation

Tim Pengembang Kurikulum Unnes. 2012a. Buku I: Naskah akademik. Universitas Negeri Semarang

_____. 2012b. Buku II: Penjabaran kurikulum setiap Program Studi. Universitas Negeri Semarang

_____. 2012c. Buku III: dokumen acuan implementasi pembelajaran kurikulum berbasis kompetensi dan konservasi. Universitas Negeri Semarang

_____. 2013. Buku 4: Strategi Implementasi Kurikulum 2012 Unnes Berbasis Kompetensi dan Konservasi

Wijayanti, E.P. 2014. Sikap professional calon guru biologi terhadap profesi guru. Artikel submited ke Unnes Journal of Biology Science

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2014 Saiful Ridlo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.