MODEL PENDAMPINGAN LEMBAGA KEMAHASISWAAN BERBASIS PROFIL MAHASISWA BERPRESTASI SEBAGAI ROADMAP KADERISASI MAHASISWA UNGGUL YANG BERKARAKTER KONSERVASI

Edy Soedjoko(1), Parmin Parmin(2),


(1) Semarang State University
(2) Universitas Negeri Semarang Indonesia

Abstract

Penelitian bertujuan mengembangkan model pendampingan lembaga kemahasiswaan dengan menerapkan metode penelitian dan pengembanga penelitian telah menghasilkan buku profil mahasiswa berprestasi, dan model pendampingan lembaga kemahasiswaan yang telah divalidasi. Hasil uji coba skala terbatas telah mendapatkan data tentang kinerja pengurus lembaga kemahasiswaan sebagai dampak penerapan model. Kinerja mahasiswa dinyatakan baik dengan skor rata-rata 3,5 dari skor maksimal 4. Sesuai hasil penelitian sementara yang telah dihasilkan, maka dapat diambil kesimpulan yaitu; model pendampingan lembaga kemahasiswaan yang dikembangkan dalam penelitian ini mendapakan penilaian layak dari pakar model dan pakar kebahasaan.

The research aims to develop a model mentoring student organizations to implement research methods and research has produced a book pengembanga profile outstanding students, student organizations and mentoring models that have been validated. Limited scale trial results have obtained data about performance management student body as a result of application of the model. Otherwise good student performance with an average score of 3.5 out of a maximum score of 4. According to the research results while has been generated, it can be concluded that; student organizations mentoring models developed in this study mendapakan worthy of an expert assessment model and a linguist.

Keywords

mentoring models, profiles, roadmap, conservation

Full Text:

PDF

References

Handoyo, E., dan Tijan. 2011. Model Pendidikan Karakter Berbasis Konservasi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemendikbud.

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. 2000. Models of Teaching. Boston: Allyn and Bacon.

Masrukhi. 2012. Membangun Karakter Mahasiswa Berbasis Nilai Konservasi. Artikel. Simposium Pendidikan dan Kemahasiswaan di Universitas Sebelas April. 23 Juni 2012.

Nuraini, E., Parji, dan Wahyudi. 2009. Peningkatan Soft Skill Mahasiswa Melalui Pendidikan Magang Kewirausahaan Jurnal Pendidikan. 2009, vol. 15, no. 2.

Nursaleh, A., dan Ahmad Rithaudin. 2012. Kemampuan Soft Skill Mahasiswa yang Telah Menempuh Mata Kuliah KKN dan PPL di UNY. Journal Penjaskes. 1 (1): 2012.

Sukmadinata, N. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Setiawan, A. 2012. Pengaruh Soft Skills dan Hard Skills Terhadap Pencapaian Keunggulan Bersaing Berkelanjutan. Jurnal Administrasi Bisni. Vo. 24 (3).

Sunyoto, A., dan Doni, R. 2008. Korelasi antara Keaktifan dalam Organisasi dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Vol. 8, No. 1.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfhabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Edy Soedjoko, Parmin Parmin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.