KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN PENCEMARAN LINGKUNGAN DENGAN MENGAPLIKASIKAN PENGAJARAN QUANTUM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Johan Tri Bayuntoro, Sri Ngabekti, Saiful Ridlo

Abstract


Aktivitas belajar siswa yang rendah dan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang digunakan pada materi pencemaran lingkungan kelas X MIPA SMA Negeri 11 Semarang menyebabkan hasil belajar yang kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pengajaran Quantum terhadap hasil belajar siswa aspek pengetahuan dan sikap materi pencemaran lingkungan.Metode penelitian ini adalah eksperimen kuantitatif. Desain Quasi eksperimen post-test only control group design dan one shot case study digunakan untuk menganalisis keefektifan hasil belajar siswa aspek pengetahuan dan sikap kelas eksperimen menggunakan pengajaran Quantum dengan kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi observasi. Sampel yang digunakan adalah kelas X MIPA 4 (kelas eksperimen 1), X MIPA 5 (kelas kontrol), dan X MIPA 6 (eksperimen 2). Analisis uji komparatif hasil belajar aspek pengetahuan menggunakan independent sample test kelas eksperimen dengan kelas kontrol diperoleh thitung (3,97) > ttabel 5% (2,00). Analisis hasil belajar aspek pengetahuan menggunakan one sample test menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar melalui pengajaran Quantum kelas eksperimen dengan KKM yang ditetapkan Permendikbud yaitu ≥ 2,67 diperoleh nilai thitung (8,97) > ttabel 5% (2,00). Analisis hasil belajar aspek sikap menggunakan one sample test menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar melalui pengajaran Quantum kelas eksperimen dengan KKM yang ditetapkan Permendikbud yaitu ≥ 3 diperoleh nilai thitung (15,79) > ttabel 5% (2,00). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pengajaran Quantum efektif terhadap hasil belajar aspek pengetahuan dan sikap materi pencemaran lingkungan.  

The low of student activities and lack of teaching media were used in learning environmental pollution for the class X MIPA of SMA Negeri 11 Semarang caused learning outcomes weren’t optimal. This study aimed to determine the effectiveness of Quantum teaching toward student learning outcomes in knowledge and attitude aspects of environmental pollution. This research method is quantitative experiments. Quasi-experimental design of a post-test only control group design and one-shot case study was used to analyze the effectiveness of student learning outcomes of knowledge and attitude aspects of classroom teaching experiment using Quantum with the control class using discussion method of observation. The sample used is class X MIPA 4 (experimental class 1), X MIPA 5 (control class), and X MIPA 6 (experimental class 2). The analysis of the comparative test outcomes with aspects of knowledge using independent sample test to experimental class with control class obtained tcount (3.97) > ttable 5% (2.00). The analysis of learning outcomes aspects of knowledge using one sample test showed that there was an average difference in student learning outcomes through Quantum teaching experimental class with KKM established by Permendikbud ie ≥ 2.67 was obtained tcount (8.97) > ttable 5% (2.00). The analysis of the student learning outcomes used one aspect attitude until the test showed that there are differences in average outcomes of learning through Quantum teaching experimental class with KKM established by Permendikbud ie ≥ 3 obtained tcount (15.79) > ttable 5% (2.00). The result of study shows that the application of Quantum teaching is effective for student learning outcomes in knowledge and attitude aspects of environmental pollution. 



Keywords


Environmental pollution, Quantum teaching, Student learning outcomes

Full Text:

PDF

References


Achroni, K. 2012. Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Melalui Permainan Tradisional. Jogjakarta: Javalitera.

Charlton, Beryl, & Williams, R. 2005. "Educatioanl Games; A Technique To Accelerated The Acquisition of Reading Skills Of Children." The International Journal of Special Education. 20 (2) Springer Link.

Ganiron, Jr & Thomas U. 2013. "Application Of Acceleratef Learning in Teaching Enviromental Control System in Qassin University." International Journal of Education and Learning. 2 (2): 27-38.

Hernowo. 2006. Menjadi Guru Yang Mau dan Mampu Mengajar Secara Menyenangkan. Mizan Leaning Center. Bandung.

Lee, N., Horsfall. & Briony. 2010. "Accelerated Learning: A Study of Faculty and Student Experiences." Innov High Education Vol. 35: 191-202.

Listyarini, Y. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan CD (Compact Disc) Interaktif pada Materi Sistem Respirasi. Tesis Pendidikan IPA. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Masrikhah, R. 2014. Make A Match In Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Protista Pada Siswa SMA. Bioma. 3 (2). hal: 76-89.

Permendikbud No. 59 Tahun 2014. Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemendikbud.

Permendikbud No. 104 Tahun 2014. Pedoman Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik: Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Porter, B., Reardon, M. & Nourie, S. 2010. Quantum Teaching. Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

Rusdiana. 2006. Penerapan Belajar Aktif Dalam Pembelajaran. Jurnal Kopertis, 5 (4): 131.

Rustaman, N. 2005. Perkembangan Penelitian Pembelajaran Berbasis Inkuiri Dalam Pendidikan Sains. Makalah Seminar Nasional II Himpunan Ikatan Sarjana dan Pemerhati IPA Indonesia. FPMIPA UPI.

Siregar & Nara. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Prasetyani, Y. 2012. Perbedaan Penerapan Model Quantum Teaching Dengan Metode Konvensional Dalam Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 1(2)

Roshayanti, F., Hayat, S. & Artharina, P. 2014. Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sains Melalui Model Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional Engklek. Prosiding Seminar Nasional Entrepreneurship. FPMIPA Universitas PGRI Semarang




DOI: https://doi.org/10.15294/lik.v44i1.6669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.