KONTRIBUSI CARA BELAJAR MAHASISWA TERHADAP NILAI UJIAN AKHIR MATA KULIAH PENGANTAR TEKNOLOGI PENDIDIKAN DI UNIVERSITAS BATURAJA

Eriyanti Eriyanti(1),


(1) Universitas Baturaja, Sumatera Selatan, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi cara belajar mahasiswa dengan hasil belajar yang di dapatkan mahasiswa dalam belajar selama satu semester. Penelitian ini merupakan penelitian yang  menggunakan pendekatan kuantitatif dengan ex post facto. Dalam penelitian  ini, tips cara belajar mandiri sudah efektif karena tingkat keberhasilan sudah tercapai dan mahasiswa lebih termotivasi dalam belajar. Keefektifan cara dan gaya belajar yang dimaksud dalam penelitian ini adalah keberhasilan tentang suatu usaha dari sistem yang dirancang untuk melibatkan mahasiswa secara aktif, dan mandiri dalam mata kuliah pengantar teknologi pendidikan Hasil uji-r menyatakan bahwa ada  korelasi yang positif antara cara belajar dengan hasil belajar yang di dapat mahasiswa.

This research aims to determine how students' learning results obtained by students in studying for one semester. This research, tips on how to self learning have been effective because the rate of success has been reached and the students are more motivated to learn. The effectiveness of ways and styles of learning are referred to in this research is the success of business system that is designed to engage students actively and independently in the course of introduction of educational technology test result-r stated that there is a positive correlation between learning with learning outcomes obtained by student. 

Keywords

How To Learn; Contribute; Learning; Educational Technology Introduction

Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Hanafiah, Nanang & Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sagala, Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

W.J.S., Poerwadarminta. (1999). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Eriyanti Eriyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.