PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN DAUR ULANG LIMBAH BERORIENTASI BIOENTREPRENEURSHIP DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING.

Erna Yuniartiek(1), Dyah Rini Indriyanti(2), Siti Alimah(3),


(1) Prodi Pendidikan IPA, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(2) Prodi Pendidikan IPA, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(3) Prodi Pendidikan IPA, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract

Pembelajaran materi daur ulang limbah berorientasi bioentrepreneurship dengan model project based learning merupakan pembelajaran yang dibutuhkan untuk memberikan bekal kewirausahaan dan kreativitas peserta didik. Penelitian ini bertujuan menganalisis validitas dan keterlaksanaan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan rancangan penelitian pre-tes post-tes control group design.  Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X MAN Mejayan pada tahun pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dengan cluster random sampling. Data hasil penelitian berupa data soal hasil tes, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, penilaian produk, serta angket respon peserta didik terhadap pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran daur ulang limbah berorientasi bioentrepreneurship dengan model PjBL memiliki kriteria valid untuk validitas dan keterlaksanaan pembelajaran.

Learning on waste recycling material oriented on bioentrepreneurship by using Project Based Learning model is to provide a knowledge on entrepreneurship and creativity for students. This study aims to analyze the validity and enforceability of this learning device. This study used experimental research design (pretest posttest control group design). The subjects were he students of class X MAN Mejayan in the academic year 2014/2015 by using cluster random sampling technique. The data were gained through the results of the test, the data of observation sheets for implementation of learning, assessment of products, as well as the questionnaire responses of learning towards learners. The results showed that the development of waste recycling learning oriented on bioentrepreneurship by using PjBL model was effectively done. The validity and enforceability of this learning device were valid and very good criteria. 

Keywords

Waste recycling; bioentrepreneurship project based learning

Full Text:

PDF

References

Anwar, M., Supriyadi, & Sugiharto. 2012. Pengembangan Pembelajaran Biologi dengan Pendekatan Bioentrepreneurship untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses Ilmiah dan Minat Berwirausaha Siswa. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 1(1): 38-44

Aritonang, K.T. 2008. Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Beajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 10(1): 11-12

Guo, S., & Yang, Y. 2012. Project Based Learning: an Effective Approach to Link Taecher Professional Development and Students Learning. Journal of Educational Technology Development and Exchange, 5(2), 41-56. Northwest Normal University.

Hobri. 2009. Metodologi Penelitian Pengembangan (Development Research) (Aplikasi Penelitian Pendidikan Matematika). Jember: Universitas Jember.

Kristanti, E. A., Bintari, S. H., & Ridho, S. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bioentrepreneurship Pembuatan Makanan dari Limbah Cair Pengolahan Kedelai. Journal of Innovative Science Education 1 (2). Prodi Pendidikan IPA, Program ascasarjana UNNES.

Luthvitasari, N., Made N., & Linuwih, S. 2012. Implementasi Pembelajaran Fisiska Berbasis Proyek terhadap Ketrampilan Berfikir Kritis, Berfikir Kreatif dan kemahiran Generik Sains. Journal of Innovative Science Education 1(2). Semarang: Prodi IPA Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.

Lutfiandi, R. & Rahmanto, M. I. 2011. Analisis Peran Pendidikan Kewirausahaan, Kepribadian, dan Lingkungan terhadap Minat Siswa SMK untuk Berwirausaha di Kota Bekasi. Jurnal of Agribisnis dan Pengembangan Wilayah, 3 (1): 56-65.

Mulyani, E. 2010. Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan Jakarta: Puskur Kementerian Pendidikan Nasional.

Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya

Munandar, U. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta. Jakarta.

Rokhmah, S. 2011. Pengembangan program Pembelajaran Sistem Koloid dan Keterampilan Entrepreneurship bagi peserta didik SMA/MA. Tesis. Semarang: Program Pascasarjana Unnes.

Rosario, B.I.D. 2009. Science, Technology, Society, and Environment (STSE) Approach in Environmental Science for Nonscience Student in a Local Culture. Liceo Journal if Higher Education Reseacrh Science and Technology Section, 6(1): 269-283.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Susilowati, I., Iswari, R. S., & Sukesih, S. 2013. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Pencernaan Manusia. Unnes Journal of Biology Education. Jurusan Biologi. Semarang: FMIPA UNNES

Uctu, R. and Rachel C. C., & Jafta. 2013. Bioentrepreneurship as a bridge between science and business in a regional cluster : South Africa’s first attempts”. Science and Public Policy. Oxford University Press pp. 1-15

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Erna Yuniartiek, Dyah Rini Indriyanti, Siti Alimah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.