IbM KELAS VIRTUAL UNTUK SMPN 6 DAN SMAN2 SALATIGA

Helmie Arif Wibawa, Indra Waspada, Panji Wisnu Wirawan

Abstract


Salah satu upaya yang dilakukan oleh SMPN 6 dan SMAN 2 Salatiga dalam meningkatkan prestasi akademik para siswa adalah dengan giat memberikan pengayaan materi pada siswa. Upaya ini membutuhkan sumber daya berupa waktu dan ruang yang dapat melebihi dari ketersediaan yang sudah ada, sehingga apabila pelaksanaannya hanya tergantung dengan metode klasikal maka dapat mengganggu alur PBM yang telah berlangsung. Perlu adanya metode lain yang dapat mengatasi keterbatasan ruang dan waktu yang terbatas tersebut. Kegiatan pengabdian masyarakat ini menitikberatkan pada pemanfaatan teknologi informasi untuk mengatasi keterbatasan ruang dan waktu dalam usaha pengayaan materi dan soal sehingga dapat diakses secara lebih luas baik oleh siswa, guru maupun masyakat. Teknologi yang memungkinkan adalah diimplementasikannya pembelajaran online untuk mengelola proses pembelajaran secara elektronik melalui kelas-kelas virtual. Dengan menggunakan pembelajaran online pengelolaan data bahan ajar, guru, siswa, kuis, maupun forum dapat dilakukan secara elektronik sehingga dimungkinkan PBM tidak bergantung pada kelas klasikal tetapi dapat berlangsung secara online dan realtime. Selain itu kegiatan ini juga mentargetkan bahwa setiap guru memiliki akun khusus yang digunakan untuk mengelola kelas virtual, mengunggah dan mengunduh bahan ajar maupun evaluasi dalam bentuk kuis secara online. Oleh karena itu pada kegiatan ini juga diadakan pelatihan dan pendampingan intensif dari tim agar guru dapat mandiri dalam berinteraksi menggunakan sistem pembelajaran online.


Keywords


kelas virtual, e-learning, real time

References


Darin E. H, 2001, Selling e-Learning, American Society for Training and Development.

Dublin, L. and Cross, J., 2003, Implementing eLearning: Getting the Most from Your Elearning Investment, the ASTD International Conference.

http://salatiga.siap.web.id/data-sekolah/ data-daftar diakses tanggal 10 April 2015 jam 15.40 WIB.

http://www.djpk.depkeu.go.id/attachments/article/495/ Modul%20Pengalokasian%20DAK%20 2015%20VerComplete.pdf diakses tanggal 13 April 2015 jam 19.00 WIB

Pressman R S, 2005, Software Engineering: A Practitioners Approach, 6/e, Pearson Education.

Wahono Romi Satria, 2007, Sistem eLearning Berbasis Model Motivasi Komunitas, Jurnal Teknodik No. 21/XI/TEKNODIK/AGUSTUS/2007.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.