PENINGKATAN KUANTITAS, KUALITAS DAN KONTINUITAS INDUSTRI KERTAS HANDMADE

Widowati Widowati, Amin Retnoningsih, Sucihatiningsih Dian Wisika Prajanti

Abstract


Permasalahan industri kecil kertas handmade bersumber dari belum optimalnya kuantitas dan kualitas produk yang pada akhirnya berdampak pada kontinuitas. Produksi kertas ini dipengaruhi cuaca, keterbatasan bahan dan teknik pembuatan kertas handmade yang pada akhirnya mempengaruhi kontinuitas produk. Konsumen kertas handmade yang umumnya pengrajin juga menghendaki kertas yang bervariasi dalam pembuatan produk berbahan kertas. Tujuan kegiatan adalah meningkatkan kemampuan industri kecil untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas kertas handmade serta produk berbahan kertas handmade. Implementasi ipteks dalam pembuatan kertas handmade menghasilkan 6 varian kertas yang dibuat dari bahan baku tunggal maupun campuran dari mendong, rumput, limbah kertas dan debog pisang dengan pewarnaan sintetis maupun alami dan corak menggunakan berbagai bentuk daun. Pemanfaatan alat potong yang bervariasi dan tajam juga telah menghasilkan 6 jenis paper box berbahan kertas handmade, termasuk bentuk yang cukup sulit dibuat seperti bulat, oval atau bentuk jantung. Pembuatan produk untuk jumlah tertentu telah dikuasai sehingga industri kecil mampu menerima pesanan dalam waktu relatif cepat sesuai kebutuhan konsumen.


Keywords


kertas handmade, industri kecil, kontinuitas

References


Coppas A. 2003. Hand Papermaking ang the Use of Invasive Plant Species for Sustainable Cultural Development. Masters Degree in Technology. Technikum Witwatersrand.

Dahlan, Hatta. 2011. Pengolahan Limbah Kertas Menjadi Pulp Sebagai Bahan Pengemas Produk Agroindustri. Prosiding Seminar Nasional AVoER ke-3. 26-27 Oktober 2011. Universitas Sriwijaya: 280281.

Hubbe MA dan C Bowden. 2009. Handmade Paper: A Review of Its History Craft, and Science. BioResources 4(4):1836- 1972.

Retnoningsih A, E. Soesilowati, Widowati. 2014a. Pengembangan Kluster Industri Kertas Handmade Berbahan Baku Gulma dan Limbah di Kelurahan Plalangan, Kecamatan Gunungpati Semarang. Laporan IbW.

Retnoningsih A, E. Soesilowati, Widowati. 2014b. Pemberdayaan Masyarakat di Plalangan Gunungpati Semarang Melalui Pengembangan Industri Kriya Berbahan Baku Kerangka Daun. Proceeding Seminar Nasional Percepatan Desa berdikari melalui Pemberdayaan Masyarakat dan Inovasi Teknologi. Universitas Sordirman Purwokerto, 20-21 Nopember 2014.

Soesilowati E, A. Retnoningsih, Widowati. 2014. Strategi Peningkatan Pendapatan Keluarga melalui Pemanfaatan Gulma dan Limbah menjadi Kertas Handmade. Proceeding Seminar Nasional untuk Hidup Lebih Baik. Universitas Negeri Semarang, 22 November 2014.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.