PEMBINAAN STASIUN KERJA YANG ERGONOMIS BAGI PEKERJA KERAJINAN SOUVENIR ACEH DI KOTA BANDA ACEH

Anita Rauzana(1), Wira Dharma(2), Mirza Irwansyah(3),


(1) Lecturer
(2) 
(3) 

Abstract

Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) melalui pendekatan pemberdayaan usaha, perlu memperhatikan aspek sosial dan budaya di masing-masing daerah, mengingat usaha kecil dan menengah pada umumnya tumbuh dari masyarakat secara langsung. Provinsi Aceh merupakan provinsi yang kaya dengan kerajinan tradisional seperti tas bordir Aceh, dompet, baju bordir khas Aceh, mukena, jilbab, peci, dan lain-lain.  Unit usaha mitra yang dipilih dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah Aceh Galeri Souvenir dan Pusaka Souvenir. .Keduanya merupakan perusahaan bidang kerajinan Aceh yang berkedudukan di Kota Banda Aceh. UKM tersebut mampu menghasilkan produk yang berpeluang ekspor atau yang secara tidak langsung dibawa keluar negeri yaitu negara Malaysia. Thailand, Amerika, Australia, Dubai, London, Afrika Selatan dan Singapura. Pembinaan dan Pengembangan yang dilakukan adalah dengan melakukan pembinaan/pembimbingan terhadap proses dan metode produksi agar lebih efektif melalui perencanaan stasiun kerja agar sesuai dengan karakter pekerja, kapasitas, alat dan ruang serta lingkungan kerja. Dalam kaitan dengan faktor ergonomi, dilakukan penataan ruang kerja.

 

Keywords

Usaha, Souvenir, Ergomis, Ruang, Kerja, Ekspor

Full Text:

PDF

References

Erlinda, Muslim. 2011 Analisis Ergonomi Industri Garmen Dengan Posture Evaluation Index Pada Virtual Environment Makara, Teknologi, vol. 15, no. 1, April 2011: 75-81 75

Hackathorn, Jana. Et.al. 2011. “Learning by Doing: An Empirical Study of Active Teaching Techniques”. The Journal of Effective Teaching, Vol. 11, No. 2, 2011,40-54.

Kasali, Rheinald. 2010. “Myelin, Mobilisasi Intangibles Menjadi Kekuatan Perubahan”. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kienan, Brenda. 2001. “Small Business Solution E-Commerce”. Frans Kowa (Pent.).

Jakarta: Elex Media Komputindo.

Pujantiyo. Bambang. 2006. “Kiat Sukses Pengusaha Inovatif” Jakarta: Timpani Publishing

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License