PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERORIENTASI TIG BAGI GURU SD/MI GUGUS PANGERAN DIPONEGORO

Trimurtini Trimurtini Trimurtini(1), Wahyuningsih Wahyuningsih(2), Elok Fariha Sari(3), Nursiwi Nugraheni(4),


(1) Jurusan PGSD FIP Universitas Negeri Semarang
(2) 
(3) 
(4) 

Abstract

Para guru mengalami kesulitan dalam pembelajaran geometri di kelas. Kebanyakan materi geometri disampaikan secara verbal, jarang menggunakan media karena kurangnya ketersediaan media dalam materi geometri. Tujuan pengabdian ini adalah untuk membantu guru SD/MI di Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang dalam mengembangkan media pembelajaran di kelas khususnya materi geometri. Media Tangram Interactive Game (TIG) merupakan hasil penelitian pada tahun 2016 diharapkan  dapat mengispirasi guru dalam memodifikasi pembelajaran geometri di SD. Metode yang akan digunakan dalam pengabdian ini adalah metode ceramah dan diskusi dilanjutkan dengan workshop pengembangan LKS dan media pembelajaran untuk materi geometri berorientasi media Tangram Interactive Game (TIG). Pendampingan oleh Tim Pengabdi dilakukan sampai dengan tahap simulasi LKS dan media yang dikembangkan. Kualitas LKS dan media yang dihasilkan para guru yang merupakan hasil luaran dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat masuk pada kategori baik. Ditunjukkan dengan kualitas LKS dan media yang sesuai dengan materi geometri dan disertai langkah kerja yang runtut. Selain itu LKS yang dibuat memenuhi syarat didaktik 60%, syarat konstruksi 75,75% dan syarat teknis 76,25%.

Keywords

pembelajaran geometri, media, lembar kerja siswa, TIG

Full Text:

PDF

References

Bohning, G. & Althause, J. K. 1997. “Using Tangrams to Teach Geometry to Young Childrenâ€. Early Childhood Educational Journal, 24 (4): 239–242.

Darmodjo, Hendro dan Kaligis, Jenny R.E. 1992. Pendidikan IPA II. Jakarta: Depdikbud

Lin, C.P., et al. 2011. “The impact of using synchronous collaborative virtual tangram in children’s geometricâ€. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 10(2): 250-258.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Pitadjeng. 2015. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Siew, N.M. & Abdulah, S.. 2012. “Learning Geometry in a Large-Enrollment Class: Do Tangrams Help in Developing Students’ Geometric Thinking?â€. British Journal of Education, Society & Behavioural Science, 2(3): 239-259.

Trimurtini, dkk. 2016. “Media Tangram Interactive Game (TIG) dalam Pembelajaran Geometri Datar dan Pengukuran Berbasis Teori Van Hiele untuk Mewujudkan Pendidikan Karakterâ€. Laporan Penelitan. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Zilkova, K., Gucaga, J. & Kopacova, J. 2015. “(Mis)Conceptions About Geometric Shapes In Pre-Service Primary Teachersâ€. Acta Didactica Napocensia, 8(1): 27.35.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License