PROTOTYPE SISTEM POMPA AIR TENAGA SURYA UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS HASIL PERTANIAN

Chico Hermanu Brillianto Apribowo(1), Teguh Endah S(2), Miftahul Anwar(3),


(1) Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret Surakarta
(2) Program Studi Kimia, Fakultas MIPA, Universitas Sebelas Maret Surakarta
(3) Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret Surakarta

Abstract

Indonesia merupakan negara agraris dengan daerah pertanian yang cukup luas. Kesuburan tanah dan kebutuhan akan air menjadi prioritas utama. Untuk mendukung hal ini dibutuhkan sistem irigasi yang baik saat terjadi musim kemarau. Pengunaan diesel/pompa air dengan BBM untuk sistem irigasi pertanian sangatlah tidak efektif dan mahal. Sistem pompa air dengan tenaga surya merupakan salah satu alternatif solusi yang efektif, hemat, dan efisien untuk menjaga sistem irigasi pertanian berjalan dengan baik saat musim kemarau. Tujuan akan pengabdian ini adalah untuk memberikan wawasan dan pengetahuan praktis akan pembuatan dan instalasi Sistem Pompa Air Tenga Surya (SPATS) serta memberikan inovasi baru berupa pemanfaatan energi terbarukan dalam membantu sistem irigasi pertanian. Dengan demikian diharapkan masyarakat mendapatkan manfaat berupa peningkatan produktivitas hasil pertanian dan membatu pemerintah dalam memwujudkan swasembada pangan nasional.

Keywords

Pompa Air Tenaga Surya, energi terbarukan, PLTS

Full Text:

PDF

References

Teja, A. T., Indra, T. P, I., Arta, W.W. “Perbandingan Penggunaan Motor DC Dengan AC Sebagai Penggerak Pompa Air Yang Disuplai Oleh Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)”, Prosiding Conference on Smart-Green Technology in Electrical and Information Systems,Bali, 14-15 November2013.

Bachtiar, M. 2006 “Prosedur Perancangan Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya untuk Perumahan (Solar Home System)”, SMARTek, 4(3)Agustus 2006: 176-182.

Badan Pusat Statistik, 2015.https://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/1043#accordion-daftar-subjek3.

Budi, H., Purwanto, 2013. “Perancangan Pompa Air Tenaga Surya Guna Memindahkan Air Bersih ke Tangki Penampung” Jurnal SINTEK, 9(1)

Jasa Surya Teknik, 2014. Cara Kerja Pompa Air Tenaga Surya. http://javasuryateknik.blogspot.co.id/2014/01/carakerja-pompa-air-tenaga-surya.html

Junaidi, Asy’ari H,, Supardi, Agus. 2015. “Kinerja Pompa Air Dc Berdasarkan Intensitas Tenaga Surya”, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License