IBM GURU SEKOLAH DASAR MELALUI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS GURU DENGAN 1 PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Fakhruddin Fakhruddin, Farid Ahmadi, Sumilah Sumilah, Isa Ansori

Abstract


Penggunaan media dalam proses pembelajaran merupakan salah satuupaya untuk menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna dan berkualitas. Penggunaan media dalam proses pembelajaran bertujuan agar proses pembelajaran dapat berlangsung secara tepat guna dan berdaya guna sehingga mutu pendidikan dapat ditingkatkan. Tim pengabdi mengadakan pendampingan secara intensif terhadap guru sekolah dasar dalam mengembangkan media pembelajaran, baik berbasis TIK maupun nonTIK di Kecamatan Karimunjawa, Jepara. Penggunaan media dalam proses pembelajaran merupakan salah satu upaya untuk menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna dan berkualitas. Kemampuan guru dalam mengembangkan media mutlak dibutuhkan dalam proses pembelajaran karena dapat sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien. Hasil pelaksanaan pengabdian, kemampuan guru dalam mengembangkan meningkat di Kecamatan Karimunjawa. Peningkatan kemampuan dalam merancang dan mengembangkan media oleh guru merupakan suatu langkah inovasi dalam pembelajaran kurikulum 2013. Pengembangan media bagi guru SD merupakan sebagai wujud aktualisasi pengembangan kemampuan pedagogik guru. Diharapkan, hasil pelatihan yang telah didapatkan pada pelatihan pembuatan media ini, dapat diaplikasikan pada pembelajaran di kelas sehingga nanti dapat menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa.


Keywords


pengembangan media, guru SD, kurikulum 2013

References


Depdiknas.2004. Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Harto, D.B. 2005. Desain Identitas Visual. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Korpela, M., Mursu, A., & Soriyan, H,A. 2002. Information Systems Development As An Activity. Computer Supported Cooperative Work, 11(12): 111128.

Munir. 2009. Kontribusi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pendidikan di Era Globalisasi Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(2): 1-4.

Semiawan, C. 2000. Relevansi Kurikulum Pendidikan Masa Depan. Dalam Sindhunata (ed.). Membuka Masa Depan Anak-anak Kita: Mencari Kurikulum Pendidikan Abad XXI, Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Surjono, H.D. 2009. Wawasan TIK untuk Pendidik. Yogyakarta. http://staffnew.uny.ac.id/upload/131666733/pengabdian/10+herman+dwi+surjono+Wawasan+TIK+untuk+Pendidik+2009sm.pdf. (diakses tanggal 13 Februari 2017)

Sutikno, L.S. 2005. Pembelajaran Efektif Apa dan Bagaimana Mengupayakannya. Mataram: NTP Pres.

Sutopo, Hadi, Ariesto, 2003. Multimedia Interaktif dengan Flash (Cetakan Pertama).Yogyakarta:Graha Ilmu.

Suyanto, M, 2003. Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta,: Andi.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.