PENGEMBANGAN KUALITAS GURU-GURU SMA DAN MA BERBASIS PONDOK PESANTREN KOTA JEMBER MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO TUTORIAL PEMBELAJARAN

M. Ziaul Arif(1), Abduh Riski(2), Dian Anggraeni(3),


(1) Universitas Jember
(2) Universitas Jember
(3) Universitas Jember

Abstract

Teknologi mulai berpengaruh pada sistem pendidikan. Seiring dengan perkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi komputerisasi dan internet, lebih khusus pada perangkat lunak atau aplikasi, maka baik langsung maupun tidak langsung dunia pendidikan juga merasakan dampaknya. Guru yang mempunyai peran penting dalam dunia pendidikan harus selalu tanggap dan peka terhadap berbagai perkembangan yang terjadi di sekelilingnya. Proses pembelajaran merupakan proses komunikasi dan berlangsung dalam suatu sistem, maka media dan perangkat pembelajaran menempati posisi yang cukup penting sebagai salah satu komponen sistem pembelajaran. Tanpa media, komunikasi tidak akan terjadi dan proses pembelajaran sebagai proses komunikasi juga tidak akan bisa berlangsung secara optimal. Pengoptimalan pembelajaran dapat dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran yang uptodate. Oleh karena itu, disini diperkenalkan metode pembelajaran berbasis video tutorial langkah demi langkah dalam menyelesaikan suatu soal pelajaran  SMA baik secara online maupun offline melalui IbM SMA dan MA berbasis pondok pesantren di kota Jember dengan cara melaksanakan workshop dan bimbingan intensif pembuatan video tutorial pembelajran kepada guru-guru SMA dan MA Unggulan NURIS Jember dan SMA Unggulan dan MA Daruh Sholah Jember. Dari hasil kegiatan didapatkan bahwa guru-guru sudah mampu membuat video tutorial pembelajaran secara baik dan mandiri..

Keywords

Media pembelajaran; video pembelajaran; video tutorial

Full Text:

PDF

References

. Ahmadi. 1987. Pendidikan dari Masa ke Masa. Bandung: CV. Armico.

. Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

. Cheppy, Riyana. 2007. Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI

. Fansuri, Hamzah. 2013. Penerapan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi belajar Siswa Kelas X Teknik Fabrikasi Logam Pada Mata Pelajaran Teori Las Oxy-Acetylene Di SMK NEGERI 1 Seyegan. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

. Izzudin, Ahmad Maulana. 2013. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Praktik Service Engine Dan Komponen Komponennya. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

. Suyanto, M. 2005. Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Penerbit Andi

. Smaldino, Sharon E, dkk. 2008. Instructional Technology and Media for Learning. Pearson Merrill Prentice Hall. Ohio

. Sya’ban, Ali. 2005. Teknik Analisis Data Penelitian- Aplikasi program SPSS dan Teknik Menghitungnya. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Jakarta

. Virdayana. 2011. Pengembangan Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Bangunan (MTB) untuk Meningkatkan Efektifitas Hasil dan Proses Belajar. Skripsi. Surakarta: FKIP UNS

. Wardoyo, Tri Cipto Tunggul. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Di SMK NEGERI 1 Purworejo. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

. Wildan s, ahmad. 2015. Efektivitas Pemanfaatan Video Pembelajaran Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Di MAN Salatiga. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License