INOVASI METODE BELAJAR DENGAN WAYANG PELEPAH PISANG GUNA MENINGKATKAN RASA BAHAGIA PADA ANAK TUNAGRAHITA

Maqfira Izzata Nafsiah(1), Tri sandi Ambarwati(2), Yuliana Farida(3), Okti Iyumi Rizqyputri(4), Mufatikhatul Mukaromah(5),


(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(5) 

Abstract

Menurut American Asociation on Mental Deficiency (AAMD) dalam B3PTKSM, anak tunagrahita adalah anak yang memiliki fungsi intelektual dibawah rata-rata. Bukan hanya kemampuan intelektual saja, namun juga kemampuan untuk bersosialisasi, menerima informasi, dan kepribadian yang cenderung tertutup. Dengan adanya hambatan tersebut anak tunagrahita membutuhkan metode belajar khusus agar mereka bisa mengembangkan diri. Namun, fasilit  as pendidikan di Indonesia hanya memberikan pengetahuan umum, atau tidak adanya pendampingan emosional kepribadian. Oleh karena itu perlu adanya inovasi metode pembelajaran untuk meningkatkan rasa percaya diri pada anak tunagrahita disini penyusun mengenalkan program OJO NGERSULO, dalam program tersebut anak-anak dilatih untuk tampil didepan umum berkomunikasi dengan baik.

 

Keywords

Kata kunci: Tunagrahita, Bahagia, OJO NGERSULO

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License