PENERAPAN IPTEK UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK OLAHAN IKAN MENUJU PASAR EKSPOR

Sunyoto Sunyoto, Atiek Zahrulianingdyah, Indah Anisykurlillah

Abstract


Tujuan kegiatan ini adalah untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi UKM Mitra yang bergerak di bidang usaha pengolahan ikan sehingg dapat bersaing di pasar ekspor, terutatama di kawasan Asean.   Terdapat dua mitra kegiatan, yaitu CV.  Home  Industri  Milkfish  New  Istichomah  (UKM  1)  dengan  produk  utama bandeng presto  dan UD. Ananda Jaya Industry (UKM 2) dengan produk utama ikan crispy. Permasalahan yang akan ditangani mencakup beberapa aspek, antara lain produksi/kuantitas, kualitas, kontinuitas, manajemen usaha, dan pemasaran. Pada tahun pertama kegiatan IbPE telah dihasilkan beberapa luaran terutama terkait aspek produksi, seperti panci presto LTHPC, tungku penggorengan, renovasi dapur/tempat produksi,  pelatihan  HACCP,  pengembangan  resep  baru,  dan  analisis  proksimat. Selain aspek produksi juga ditingkatkan aspek manajemen usaha dan pemasaran, antara lain melalui pelatihan ekspor, pendampingan manajemen usaha, mengikuti pameran, dan pembuatan web site. Melalui beberapa luaran pada tahun I diharapkan dapat dijadikan pondasi dalam pengembangan usaha dengan titik berat pemasaran produk ekspor pada tahun kedua.

Keywords


olahan ikan, daya saing, pasar ekspor

References


Dirjend Dikti, Kemdikbud. 2013. Panduan Pelaksanaan Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Perguruan Tinggi Edisi IX. 2013. Jakarta: Dirjend Dikti, Kemdikbud.

Kementerian Kelautan dan Perikanan. 2010. Statistik Perikanan Tangkap, Perikanan Budidaya, dan Ekspor-Impor Setiap Provinsi Seluruh Indonesia 2003-2010. Jakarta: Jakarta: Pusat Data Statistik dan Informasi, Kementerian Kelautan dan Perikanan

LP2M UNNES. 2014. Buku Data Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 2014. Semarang: LP2M UNNES

Madcoms. 2011. Sukses Membangun Toko Online dengan E-Commerce. Yogyakarta: CV. Andi Offset

Saparinto, C.2006. Bandeng Duri Lunak.Yogyakarta : Kanisius

Statistik Ekspor Hasil Perikanan Menurut Komoditi, Provinsi dan Pelabuhan Asal Ekspor Export Statistics Of Fisheries Product By Commodity, Province And Port Of Export. 2012. Jakarta: Pusat Data Statistik dan Informasi, Kementerian Kelautan dan Perikanan..

Suhaeni, N.2007.Petunjuk Praktis Membuat Bandeng Presto.Bandung : Medium

Wibowo, B. dan Kusrianto, A.. 2010. Menembus Pasar Ekspor, Siapa Takut?. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.