PEMBERDAYAAN IBU RUMAH TANGGA MELALUI PELATIHAN HIDROPONIK

Badingatus Solikhah, Trisni Suryarini, Agus Wahyudin

Abstract


Berdasarkan analisis situasi diketahui bahwa sebagian besar ibu-ibu warga Kalisegoro Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang berprofesi sebagai ibu rumah tangga, sehingga mereka mempunyai waktu yang cukup banyak untuk melakukan kegiatan yang mampu menambah penghasilan. Tujuan dari program ini adalah untuk memberdayakan ibu rumah tangga dengan memberi pelatihan bercocok tanam atau berkebun dengan sistem hidroponik. Konsep “Hidroponik” merupakan budidaya menanam dengan memanfaatkan air/larutan mineral bernutrisi tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Sistem bertanam “Hidroponik” ini merupakan konsep bertanam yang cocok untuk daerah perkotaan dan lahan terbatas. Luaran jangka panjang yang diharapkan dari pengabdian ini adalah peningkatakan penghasilan dan peningkatan kesejahteraan melalui hidroponik. Guna mencapai target luaran yang telah direncanakan, kegiatan pengabdian dilakukan dengan tahapan sebagai berikut: (1) pemaparan materi “Hidroponik” untuk memberikan pemahaman; (2) Pelatihan kepada masyarakat dan Praktik Pembuatan “Hidroponik” yaitu dengan menggunakan barang bekas; serta (3) pendampingan selama satu bulan atas praktik berkebun dengan system “Hidroponik” yang dibuat dimasing-masing rumah warga. Hasil dari pengabdian ini adalah terbentuknya kebun hidroponik yang ditempatkan di RT 04/RW 02 Kelurahan Kalisegoro yang dikelola bersama serta kebun hidroponik dengan botol bekas yang ditanam di rumah masing-masing warga sebanyak 24 rumah.

Keywords


Hidroponik, Berkebun, Pemberdayaan Masyarakat, Peningkatan Perekonomian

References


Adam, C.R., Early, M.P., Brook, J.E., Bamford, K.M. 2015. Principle of Horticulture. Routledge: London.

Istiqomah, S. 2015. Menanam Hidroponik. Ganeca Exact: Bekasi.

Lingga, P. 2006. Hidroponik, Bercocok Tanam Tanpa Tanah. Penebar Swadaya: Depok.

Mas’ud, H. 2009. Sistem Hidroponik dengan Nutrisi dan Media Tanam Berbeda Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Selada. Media Litbang Sulteng. 2 (2), 131- 136.

Murali, M.R., Soundaria, M., Maheswari, V., Santhakumari, P., Gopal, V. 2011. Hydroponics, a novel alternative for geoponic cultivation of medicinal plants and food crops. International Journal Pharmacy and Biology Science, 2(2), 286-296.

Roberto, K. 2005. How to Hydroponics. Harvard University: Futuregarden Inc. London.

Tallei, T.E., Rumengan, I.F.M., dAdam, A. 2017. Hidroponik untuk Pemula. Penerbit LPPM Universitas Lambung Mangkurat, UNSRAT PRESS: Banjarmasin.

Tom, T. 2005. Garden History : Philosophy and Design, 2000 BC--2000 AD. Spon Press; New York.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.