PKM Peningkatan Kompetensi Guru dan Siswa Melalui Pelatihan Pemrograman dan Jaringan Komputer pada Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Jayapura

Liza Angriani(1), Abd. Rachman Dayat(2),


(1) AMIK Umel Mandiri
(2) 

Abstract

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Peningkatan Kompetensi Guru dan Siswa dalam penguasaan Pemrograman dan Jaringan Komputer bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh SMK Negeri 2 dan SMK Negeri 3 Kota Jayapura. Keterbatasan pengetahuan dasar guru mengenai penguasaan Bahasa Pemrograman dan Kompetensi Jaringan Komputer menjadi masalah utama yang dibahas. Solusi yang ditawarkan adalah dengan memberikan pendampingan dan pelatihan kepada guru dan siswa secara langsung mengenai Bahasa Pemrograman, seperti HTML, PHP, dan MySQL untuk membuat aplikasi berbasis web serta peningkatan kompetensi di Jaringan Komputer berbasis ICT dengan memanfaatkan perangkat Mikrotik Routerboard. Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dan siswa dalam penguasaan bahasa pemrograman dan jaringan komputer yang merupakan kompetensi wajib yang harus dimiliki siswa lulusan SMK Jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ). Kegiatan pelatihan dilakukan selama 5 (lima) hari dengan mengkaji rencana program pembelajaran dan pelatihan berbasis praktikum interaktif yang lebih baik. Hasil dari PKM ini didapatkan adanya peningkatan kapasitas keilmuan dan kompetensi sebesar 19,8% untuk pelatihan pemrograman web di SMK Negeri 3 Jayapura dan peningkatan sebesar 21,8% untuk pelatihan jaringan komputer di SMK Negeri 2 Jayapura.

Keywords

Jaringan Komputer, Pemrograman Web, Teknik Komputer Jaringan

Full Text:

PDF

References

AR. Dayat. 2016. Modul Praktikum Jaringan Komputer. Jayapura: AMIK Umel Mandiri.

AR. Dayat dan L. Angriani. 2017. Pemanfaatan Model-View-Controller (MVC) Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi RAKORNAS APTIKOM 2017. SEMNASTIKOM. 417-421.

Muh. Yusuf. 2013. Mengantisipasi Perubahan Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah SPIRIT. Vol. 13 (1). 1411-8319.

Sri Wahyuni, Fika Hastarita Rachman, dan Yonathan Ferry Hendrawan. 2016. Pembekalan Pemrograman Dasar Komputer bagi Guru TIK dan Siswa Terpilih di Tiga Mitra SMA Kabupaten Bangkalan Indonesian. Journal of Community Engagement. Vol. 02, No. 01, (September 2016).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License