Pelatihan Implementasi Model Pembelajaran PBL Berbantuan Miracast untuk Meningkatkan Keterampilan Profesional dan Literasi Teknologi Guru-Guru SD Gugus Drupadi Gunungpati Kota Semarang

Novi Setyasto(1), Hartati Hartati(2), Sutaryono Sutaryono(3), Putri Yanuarita Sutikno(4),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(4) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Pemberlakuan Permendikbud No. 22 tahun 2016 tentang Standar Proses berimplikasi terjadinya pergeseran paradigma pengajaran ke paradigma pembelajaran, penggunaan pendekatan ilmiah (scientific), dan tematik terpadu sehingga perlu diterapkan pembelajaran berbasis pemecahan masalah (problem based learning). Namun kenyataan di lapangan berbeda. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan di Gugus Drupadi Gunungpati Kota Semarang yang beranggotakan 53 Guru SD, menunjukkan bahwa kurang lebih 75% guru (atau sekitar 40 orang guru) masih mengalami kesulitan dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis pemecahan masalah di kelas dan masih kesulitan dalam mengaplikasikan teknologi dalam pembelajaran di kelas yang sesuai dengan standar proses. Solusi yang dapat diterapkan adalah dengan pengadaan kegiatan pelatihan Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Miracast. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan keterampilan mengajar dan literasi teknologi guru-guru SD di Gugus Drupadi melalui kegiatan pelatihan implementasi model PBL berbantuan Miracast di SD. Peserta kegiatan ini adalah 40 orang guru SD. Metode kegiatan pengabdian ini berupa pelatihan kepada para guru-guru SD di Gugus Dewadaru II.  Metode pelatihan yang digunakan dalam pengabdian ini adalah: ceramah, tanya jawab, praktek, dan simulasi. Luaran yang dihasilkan dari kegiatan pelatihan ini adalah bertambahnya pengetahuan, literasi teknologi dan keterampilan guru dalam mengimplementasikan PBL berbantuan Miracast yang ditunjukkan dengan: 1) tersusunnya 34 perangkat pembelajaran dengan model PBL, 2) sejumlah 27 dari 40 peserta pelatihan memberikan respons sangat positif terhadap kualitas materi pelatihan dan 13 peserta memberikan respons positif dengan skor rata-rata 4,68.

Keywords

Problem Based Learning (PBL); Miracast; Guru

Full Text:

PDF

References

Arends, Richard I. 2012. Learning to Teach. New York: McGrow-Hill Companies, Inc.

Asus. 2013. Asus Miracast Dongle in Search of Incredible: E-Manual. ASUSTek Computer Inc.

Barrows, H. S. 1996. Problem-based learning in medicine and beyond: A brief overview. In L. Wilkerson & H. Gilselaers (Eds.). Bringing problem-based-learning to higher education: Theory and practice. San Francisco, CA: JosseyBass.

Flynn AE, Klein JD. 2001. The influence of discussion groups in a case-based learning environment. Educ Technol Res Dev 49(3):71–86.

Fullan, M. 2013. Stratosphere: Integrating technology, pedagogy, and change knowledge. Don Mills, ON: Pearson.

Hattie, J. (2009). Visible learning: A synthesis of over 800 metaanalyses relating to achievement. New York: Routledge.

Hmelo-Silver, Cindy E. 2004. Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn. Journal. Educational Psychology Review, Vol. 16, No. 3, September 2004

Mergendoller JR, Maxwell NL, Bellisimo Y. 2006. The effectiveness of problem-based instruction: a comparative study of instructional methods and student characteristics. Interdiscip J Problem-Based Learn 1(2):49–69.

Mulyasa, E. 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Permendikbud Nomor 81a Tahun 2013 tentang Implimentasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses. Jakarta: Kemendikbud.

Permendikbud No. 24 tahun 2016 tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar pelajaran pada kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Wade, R. 2002. Beyond Expanding Horizons: New Curriculum Directions for Elemetary Social Studies. The Elementary School Journal, 103 (2), 116-130.

Wi-fi Alliance. 2012. Wi-Fi CERTIFIED Miracasttm: Extending the Wi-Fi Experience to Seamless Video Display. USA: Wi-Fi Alliance.

Winataputra, Udin S. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License