IBM GURU SEKOLAH DASAR MELALUI PELATIHAN PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS ARTIKEL PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Farid Ahmadi, Florentina Widihastrini, Ghanis Putra Widhanarto

Abstract


Upaya meningkatkan penguasaan kemampuan menulis artikel bagi guru sekolah dasar mendesak dilakukan. Sebagian besar guru di Indonesia belum optimal dalam melaksanakan PTK, membuat laporan PTK, dan menghasilkan artikel berbasis PTK, serta mempublikasikannya melalui jurnal ilmiah. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman guru mengenai PTK dan artikel ilmiah,  serta menghasilkan artikel ilmiah dari hasil PTK guru SD Kecamatan Kaliwungu. Program IbM ini secara optimal dilakukan proses pendampingan bagi guru SD di Kecamatan Kaliwungu dari yang belum memiliki dasar penyusunan artikel ilmiah sampai peserta dibekali dengan beberapa materi untuk memperlancar proses penyusunan artikel ilmiah. Pendekatan personal dalam setiap pelatihan yang dilakukan diharapkan seluruh guru dapat menyusun artikel ilmiah dari laporan hasil PTK tanpa terkendala apapun dengan mengetahui ketentuan-ketentuan penyusunan artikel ilmiah. Pelatihan dinilai efektif karena sudah menghasilkan artikel peserta pengabdian yang telah disubmit di jurnal nasional dan melihat hasil perhitungan N-Gain yang telah mengalami kenaikan. Manfaat pengabdian ini membantu guru-guru SD Kecamatan Kaliwungu menyusun artikel ilmiah yang berkualitas agar dapat dipublikasikan di jurnal ilmiah nasional.


Keywords


Artikel Ilmiah; Guru; Pelatihan

References


Creswell, J. W. 2012. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4th ed). Boston: Pearson Education

Kusumah, W. 2010. 5 Alasan Guru Takut Lakukan PTK, (Online), (http://edukasi.kompas.com/ read/2010/06/03/ 1951046/5), diakses 1 Februari 2018.

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. 2010. Jakarta: Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 18 Tahun 2007 tentang Sertifikasi Guru dalam Jabatan. 2007. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 tahun 2010 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru & Angka Kreditnya. 2010. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional

Nilakusmawati, D. P. E., Sari, K., & Puspawati, N. M. 2016. Upaya Peningkatan Penguasaan Guru SD dalam Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Tulis Ilmiah melalui Pelatihan. Jurnal Udayana Mengabdi, 15(1): 55-63.

Supriyanto, A. 2017. Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Penulisan Karya Ilmiah Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Abdimas Pedagogi,1 (1): 1-7.

Suyitno, I. 2011. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Panduan, Teori, Perlatihan, dan Contoh. Bandung: PT Refika Aditama

Saipurrahman. 2015. Mengapa Guru Kurang Mampu Melakukan PTK, (Online), (http:// www.lpmpkalsel.net/article-34-mengapa- guru-kurang-mampu-melakukanptk.html), diakses 19 Februari 2018.

Slameto, S. 2016. Penulisan Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Tindakan Kelas. Scholaria:

Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2): 46-57.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Fokus Media


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.