Pelatihan Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) bagi Guru SD di Kecamatan Talang Kabupaten Tegal

Noening Andrijati(1), Umi Setijowati(2), Suwandi Suwandi(3), Ayu Kristiyaningsih(4), Arum Sulistiyaningsih(5),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(4) Universitas Negeri Semarang
(5) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun dan mengembangkan soal higher order thinking skills (HOTs). Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan secara individual dan kelompok. Kegiatan ini dilaksanakan secara tatap muka dan online yang diikuti oleh 25 peserta. Kegiatan tatap muka dilaksanakan dari tanggal 24-25 Agustus 2020, sedangkan secara online dimulai dari tangal 26 Agustus-1 September 2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, tes, dan penugasan. Evaluasi hasil pelatihan penyusunan soal HOTs meliputi aspek pengetahuan dan keterampilan. Pada aspek pengetahuan, peserta pelatihan mendapatkan pretes dan postes untuk mengukur perolehan pemahaman mengenai materi yang telah disampaikan. Sementara pada aspek keterampilan, peserta diminta menyusun soal HOTs berdasakan langkah-langkah yang telah dijelaskan. Hasil pretes dan postes mengindikasikan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan skor peserta sebelum dan setelah pelatihan sebesar 24,8 atau 47,55%. Pada aspek keterampilan, rerata skor produk penyusunan soal HOTS  peserta pelatihan sebesar 85 dengan kategori baik (B). Peningkatan pengetahuan dan perolehan keterampilan peserta pelatihan menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan menyusun soal HOTS bagi guru SD sudah efektif.

Keywords

pelatihan; soal kemampuan berpikir tingkat tinggi; guru SD

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License